Home » Tiramisu: Kelezatan Manis dari Italia

Tiramisu: Kelezatan Manis dari Italia

by Administrator Esensi
2 minutes read
https://www.frisianflag.com/storage/app/media/uploaded-files/itra.jpg

ESENSI.TV - JAKARTA

Tiramisu adalah salah satu hidangan penutup yang paling terkenal dari Italia, dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Hidangan ini memiliki rasa manis, lembut, dan creamy yang membuatnya diminati banyak orang. Tiramisu adalah campuran sempurna antara kelembutan krim keju mascarpone dan rasa kuat kopi serta cokelat. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap 10 fakta menarik tentang tiramisu:

Asal Usul

Tiramisu berasal dari Italia, terutama dikenal berasal dari kota Venesia. Namun, asal-usul pasti dari tiramisu masih diperdebatkan, dengan beberapa mengklaim bahwa hidangan ini pertama kali diciptakan di kota Siena.

Makna Nama

Nama “tiramisu” berasal dari bahasa Italia yang berarti “tarik aku ke atas” atau “bangunkan aku”. Nama ini mencerminkan energi dan rasa penyegaran yang dimiliki oleh hidangan ini.

Bahan Utama

Bahan utama dalam tiramisu adalah keju mascarpone, telur, gula, cokelat, kopi, dan biskuit ladyfinger (savoiardi). Keju mascarpone memberikan tekstur kaya dan lembut, sedangkan kopi memberikan rasa khas tiramisu.

Teknik Pembuatan

Proses membuat tiramisu melibatkan mencelupkan biskuit ladyfinger ke dalam kopi yang kuat, lalu menyusunnya secara lapisan bersama campuran keju mascarpone dan telur. Selanjutnya, lapisan ini diakhiri dengan taburan cokelat bubuk di atasnya.

Perpaduan Rasa

Tiramisu adalah kombinasi yang sempurna dari rasa manis, gurih, dan pahit. Rasa kopi yang kuat dipadukan dengan kelembutan keju mascarpone dan rasa ringan biskuit ladyfinger.

Baca Juga  Papeda: Makanan Khas Maluku dengan Uniknya

Popularitas Global

Tiramisu telah menjadi hidangan penutup favorit di banyak negara di seluruh dunia. Di Amerika Serikat dan Eropa, tiramisu sering disajikan di restoran Italia dan acara khusus.

Kehadiran di Menu Restoran

Tiramisu adalah salah satu hidangan penutup paling populer di menu restoran Italia. Kelezatannya membuatnya diminati oleh banyak orang di berbagai kesempatan.

Varian Rasa

Meskipun tiramisu klasik dengan rasa kopi adalah yang paling umum, seiring berjalannya waktu, banyak varian rasa tiramisu telah diciptakan, seperti tiramisu cokelat, tiramisu buah, dan tiramisu karamel.

Hari Tiramisu Sedunia

Tiramisu memiliki Hari Tiramisu Sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 Maret. Hari ini adalah kesempatan untuk merayakan dan menikmati hidangan manis ini bersama teman dan keluarga.

Tiramisu dalam Masakan Modern

Tiramisu tidak hanya disajikan dalam bentuk tradisional. Kini, ada banyak variasi tiramisu yang disajikan dalam bentuk tart, kue, es krim, dan bahkan minuman.

Tiramisu adalah hidangan penutup yang menggugah selera dan memiliki sejarah panjang yang membawanya ke puncak popularitas di dunia kuliner. Dengan rasa yang lembut dan penyegar, tiramisu adalah kelezatan manis yang tidak akan pernah kehilangan daya tariknya. Selamat menikmati setiap gigitan dari tiramisu, dan biarkan rasanya membawa Anda ke kenikmatan yang tak terlupakan.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life