Home » Turnamen Catur JAPFA Diikuti 401 Peserta dari 18 Provinsi

Turnamen Catur JAPFA Diikuti 401 Peserta dari 18 Provinsi

by Junita Ariani
2 minutes read
Menpora Dito Ariotedjo menghadiri pembukaan Turnamen Catur JAPFA Year End 2023 di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

ESENSI.TV - JAKARTA

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menghadiri pembukaan Turnamen Catur JAPFA Year End 2023. Pertandingan digelar di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12/2023) siang.

Sebanyak 401 peserta dari 18 Provinsi di Indonesia mengikuti turnamen tersebut yang terbagi 5 kategori. Terdiri dari katagori Open yang diikuti sekitar 226 pemain.

Kemudian, Putra kelompok U-12 yang dikuti sekitar 79 pemain, Putra kelompok U-16 diikuti 46 pemain, Kelompok Putri U-12 diikuti sekitar 21 pemain serta katagori Putri kelompok U-16 diikuti sekitar 19 pemain.

“Kita berharap turnamen ini akan melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk membesarkan nama bangsa Indonesia,” kata Menpora.

Ia juga mengatakan, acara yang digelar ini sangat baik. Di mana tujuan utamanya adalah meningkatkan prestasi olahraga Indonesia khususnya di cabor catur.

“Di turnamen ini saya melihat banyak sekali para pesertanya dari mulai senior, junior, U-12 dan yang paling muda U-10,” katanya.

Pembinaan prestasi catur di Indonesia perlu terus dilakukan dengan harapan prestasi Indonesia di cabor catur terus meningkat.

“Karena itu, saya menyampaikan apresiasi kepada PB Percasi yang dengan konsisten selalu mendorong kegiatan-kegiatan perlombaan catur,” urainya.

Baca Juga  Menpora dan Raffi Ahmad Bahas Charity Games untuk Legenda Tenis Indonesia

Majukan Catur Indonesia

Menpora Dito juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk JAPFA yang selalu peduli dan juga konsisten mendukung dan mengelar pertandingan catur.

Menurutnya, semenjak dirinya dilantik di bulan April sebagai Menpora, Percasi dan JAPFA sudah 4 kali mengelar turnamen catur di Wisma Kemenpora.

“Ini artinya dari private sektor di mana kontribusi pengembangan olahraga, PT. JAPFA sangat berkontribusi mendukung PB Percasi. Memajukan cabor catur di Indonesia,” jelasnya.

Kemenpora, lanjutnya, akan selalu mendukung perkembangan cabor catur terlebih untuk pembinaan dan pelatihan di usia dini.

Karena dengan bermain catur sejak dini akan membentuk pola berpikir dan logika generasi muda Indonesia.

“Jadi selain memberikan prestasi bagi merah putih di tingkat internasional, catur juga bisa berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Membuat negara kita makin maju,” tuturnya.

Ia berharap dengan turnamen ini akan terus melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk membesarkan nama bangsa Indonesia. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napituppulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life