Home » UGM Pameran Pendidikan Go Global UTokyo Study Abroad Fair 2024 di Jepang

UGM Pameran Pendidikan Go Global UTokyo Study Abroad Fair 2024 di Jepang

by Nazarudin
2 minutes read
Go Global UTokyo

ESENSI.TV -

UNIVERSITAS Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ikut dalam pameran pendidikan bertajuk Go Global UTokyo Study Abroad Fair 2024 yang berlangsung di Komaba Communication Plaza, Tokyo, Jepang, Minggu (12/5).

Total ada 21 booth, termasuk UGM, yang ikut meramaikan GO GLOBAL UTokyo Study Abroad Fair 2024 yang terdiri atas 13 booth institusi mitra UTokyo dan 8 booth dari internal University of Tokyo.

Kehadiran UGM di ajang pameran internasional ini untuk memenuhi undangan University of Tokyo (UTokyo), salah satu mitra strategis UGM di Jepang yang memiliki program Go Global Gateway yang mendorong mahasiswanya memiliki kemampuan dan kompetensi global untuk bekerja sama dengan siapapun di seluruh dunia.

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D mengataka, ada cukup banyak dukungan finansial bagi mahasiswa UTokyo untuk mengikuti program studi di luar negeri. Kegiatan ini menjadi peluang bagus bagi UGM untuk mempromosikan program studi, baik degree maupun non-degree dalam rangka mendongkrak capaian IKU 6 yaitu kemitraan program studi.

“Tentu saja ujungnya berharap ikut menaikkan jumlah mahasiswa asing belajar di UGM,” ungkapnya saat memberi pengarahan pada Tim UGM yang berangkat di ajang tersebut dikutip dari laman UGM.

Mahasiswa UTokyo yang mengunjungi booth UGM sangat beragam pengetahuannya tentang UGM. Beberapa pernah ke Indonesia dan sedikit tahu tentang UGM.

Bahkan beberapa sudah berkesempatan ke Indonesia untuk liburan meski belum pernah mendengar tentang UGM. Namun, sebagian besar dari mereka sama sekali belum pernah memiliki pengalaman keluar negeri, termasuk ke Indonesia dan baru mengetahui UGM di GO GLOBAL UTokyo Study Abroad ini.

Salah satu Tim UGM Sari Wulandari mengatakan sebagian pengunjung pameran adalah mahasiswa baru level sarjana. Ada pula mahasiswa sarjana tahun kedua, dan beberapa mahasiswa pascasarjana tahun pertama. Para pengunjung tampak antusias menyampaikan ketertarikan mereka untuk studi ke UGM.

Baca Juga  Pemerintah Kirim Bantuan Korban Banjir di Libya

Dia mengatakan, puluhan mahasiswa yang bertandang ke stand UGM ini bahkan bersedia mengisi data diri dan minat studinya di UGM. “Para pengunjung booth UGM berminat mengambil program pertukaran mahasiswa 1-2 semester, termasuk kemungkinan mengikuti program double degree dan program short courses, juga program KKN untuk mahasiswa internasional, summer course, juga internship, dengan minat studi pada beberapa bidang ilmu,” ujarnya.

Sari mengatakan, untuk kluster saintek, animo mahasiswa UTokyo tertarik studi tentang geografi lingkungan, sains, teknik, biologi. Sementara untuk kluster sosial humaniora lebih ke studi hubungan internasional, manajemen dan ekonomi pembangunan, ilmu budaya, hukum, dan psikologi.

”Mahasiswa UTokyo juga berminat studi di beberapa bidang ilmu kluster agronomi seperti peternakan dan kedokteran hewan, serta studi farmasi untuk kluster ilmu kesehatan,” jelasnya.

Vice President Director Center for Global Education UTokyo, Profesor Yujin Yaguchi dalam presentasinya mengajak para mahasiswa peserta pameran studi ke luar negeri untuk lebih membuka wawasan ke negara-negara tetangga Jepang. Tidak hanya melulu berorientasi studi ke AS, Canada, dan Eropa.

Dia menyampaikan sebagai mahasiswa yang kelak memegang posisi kepemimpinan secara luas di Jepang, pengalaman mahasiswa Jepang studi di negara-negara tetangga sangat diperlukan. Termasuk studi di UGM Indonesia yang lebih memiliki kedekatan geografis dan geopolitik-ekonomi.

”Hal ini tentunya akan membawa pengaruh signifikan dalam setiap pengambilan keputusan para mahasiswa Jepang untuk berkontribusi bagi negaranya,” terangnya.

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life