Home » Usai Ditembak OTK, Kondisi PM Slovakia Berangsur Stabil

Usai Ditembak OTK, Kondisi PM Slovakia Berangsur Stabil

by Raja H. Napitupulu
1 minutes read
PM Slovakia

ESENSI.TV - BRATISLAVA

Usai diserang melalui tembakan beruntun oleh orang tidak dikenal (OTK), kondisi Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico dilaporkan berangsur stabil.

Dilansir Reuters, Kamis (16/05/2024), Fico sudah selesai menjalani operasi. Fico kini dalam kondisi stabil di rumah sakit setempat.

Sebelumnya, Rabu (15/05/2024), seorang pelaku berusia 59 tahun, melepas tembakan sebanyak lima kali ke arah Fico. Penembakan itu sempat membuat Fico dalam kondisi kritis di rumah sakit dan harus menjalani operasi selama beberapa jam.

Seperti dilansir AFP, Menteri Dalam Negeri Slovakia Matus Sutaj Estok mengatakan kepada wartawan yang berkumpul di rumah sakit di kota Banska Bystrica tempat sang PM dirawat bahwa Fico dalam kondisi kritis dan nyawanya dalam bahaya.

Meyakini Selamat

Wakil PM Slovakia, Tomas Taraba, yang juga menjabat Menteri Lingkungan Hidup menuturkan kepada BBC Newshour, Fico diperkirakan akan selamat. Dan ia kini tidak lagi dalam kondisi yang mengancam nyawanya.

“Saya sangat terkejut. Untungnya, sejauh yang saya ketahui, operasinya berjalan dengan baik. Saya kira pada akhirnya dia akan selamat. Dia tidak berada dalam kondisi yang mengancam nyawanya pada saat ini,” terang Taraba.

Baca Juga  Hasil Lengkap Liga Inggris 2022/2023 Pekan ke-18, Ada Kejutan Aston Villa dan Forest

Taraba mengatakan, satu peluru menembus bagian perut Fico, dan satu peluru lainnya mengenai sendinya.

Presiden Slovakia Zuzana Caputova mengatakan bahwa polisi telah menahan pelaku penembakan.

“Hari ini, setelah pertemuan pemerintah di Handlova, terjadi upaya pembunuhan terhadap Fico.” Demikian pernyataan Pemerintah Slovakia dalam sebuah postingan di media sosial.

“Fico saat ini diangkut dengan helikopter ke Banska Bystrica dalam kondisi yang mengancam nyawa. Karena akan memakan waktu terlalu lama untuk sampai ke Bratislava karena memerlukan pertolongan yang mendesak.” Tambah pernyataan itu lagi.

Fico merupakan perdana menteri empat kali dan veteran politik Slovakia. Partai Smer-SD tempatnya bernaung memenangkan pemilihan umum September lalu.

Tayangan TV

Sementara itu, Televisi Slovakia menayangkan tayangan seorang pria paruh baya yang mengenakan celana jeans diborgol ke tanah.

Gambar terpisah dari televisi publik RTVS menunjukkan seseorang di atas tandu dibawa keluar dari helikopter dan dibawa ke RS.

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life