Home » Wapres Serahkan Anugerah KIP, Waspadai Kebocoran Data

Wapres Serahkan Anugerah KIP, Waspadai Kebocoran Data

by Junita Ariani
1 minutes read
Wapres KH Ma’ruf Amin pada acara Anugerah KIP di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta, Selasa (19/12/2033).

ESENSI.TV - JAKARTA

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyerahkan Anugerah Keterbukaan Informasi Tahun 2023 kepada 139 badan publik yang berpredikat informatif.

Dalam arahannya, Wapres mengingatkan agar badan publik tetap mewaspadai kasus kebocoran data pribadi serta memperhatikan pemerataan pelayanan informasi.

“Akhir-akhir ini muncul persoalan terkait kebocoran data di beberapa badan publik. Ini adalah isu serius yang mesti menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Wapres mengatakan itu pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/12/2033).

Menurut Wapres, data pribadi rawan disalahgunakan, maka kerahasiaannya benar-benar harus dijaga.

“Urgensi perlindungan data pribadi semakin tinggi. Karena data pribadi sangat rentan disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak sah,” ujar Wapres.

Ia juga mengungkapkan, pemerataan layanan informasi publik di seluruh penjuru Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan bersama.

Baca Juga  Mahakam Ulu Diguncang Gempa Magnitudo 4, Dipicu Aktivitas Sesar Lokal

Pemerintah harus terus mengupayakan pembangunan infrastruktur komunikasi, terutama di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T). Terlebih, bangsa Indonesia sedang dalam masa pemilihan umum (pemilu).

“Keterbukaan informasi publik yang akurat dan andal kini menjadi sangat vital karena bangsa kita tengah menjalani proses Pemilu. Aspek keterbukaan informasi diyakini sebagai kunci untuk mendorong partisipasi pemilih, serta pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang jujur dan adil,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Wapres menyerahkan langsung penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik kepada Badan Publik Terbaik Nasional 2023.

Adapun jumlah badan publik yang meraih predikat informatif tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life