Home » Warga Karanganyar Demak Masih Jalani Puasa di Tengah Banjir

Warga Karanganyar Demak Masih Jalani Puasa di Tengah Banjir

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Ilustrasi banjir. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah tampaknya harus menjalani ibadah puasa tahun ini, di tengah banjir.

Banjir masih terjadi di sejumlah titip di Kecamatan Karanganyar, meskipun ketinggiannya telah berangsur surut.

Ketinggian air di wilayah Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak terdampak banjir dilaporkan turun hingga 50 cm pada Kamis (21/3/2024).

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (22/3/2024) menyebutkan sebelumnya, air menggenangi wilayah Kecamatan Karanganyar hingga setinggi 200cm.

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Demak Kota. Genangan banjir setinggi betis orang dewasa sejak banjir melanda Kota Wali pada 13 Maret ini berangsur turun 20cm pada hari ini.

Dengan menggunakan mobil pompa, tim gabungan melaksanakan penyedotan air di Sungai Londo, Desa Singorjo, Kecamatan Demak Kota sejak Rabu (20/3) malam.

Hingga hari ini, wilayah yang masih terdapat genangan air sebanyak enam kecamatan antara lain Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Sayung, dan Kecamatan Demak.

Baca Juga  Bencana Banjir Tewaskan Sedikitnya 5.000 Warga, Pemerintah Libya Umumkan Masa Berkabung

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Demak melaporkan sejumlah pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

Meski demikian, jumlah pengungsi yang masih bertahan di pengungsian adalah sebanyak 24.436 jiwa dan tersebar di 106 titik pengungsian.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Demak bersama unsur forkopimda terus bekerjasama dalam penangan darurat banjir serta melakukan pendataan terhadap dampak kerugian materil.

Tim gabungan bersama warga juga telah memulai kegiatan pembersihan lingkungan di wilayah yang telah surut genangannya.

BPBD Kabupaten Demak menghimbau warga untuk selalu waspada akan potensi banjir susulan juga terhadap binatang-binatang liar seperti ular yang muncul pascabanjir.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life