Home » Waspada! Modus Penipuan Baru Gunakan QR

Waspada! Modus Penipuan Baru Gunakan QR

by fara dama
1 minutes read
Ilustrasi penipuan online. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Baru-baru ini beredar modus penipuan baru. Penipuan ini mengandalkan para pengguna kemajuan teknologi yaitu menggunakan Qris atau QR kode. Modus ini disebut dengan Quishing. Penggunaan QR ini biasanya untuk melakukan pembayaran.

Quishing gabungan dari QR dan Phising. Berdasarkan edaran yang diterbitkan kemenkeu, Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan.

Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Istilah resmi phising adalah phishing, yang berasal dari bahasa Inggris fishing yaitu memancing.

Kegiatan phising memang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan.

Baca Juga  Ada yang Catut Namanya untuk Menipu, Baim Wong Lapor Polisi

Mencegah Phising

Pelaku memancing korban agar mendapatkan informasi pribadi lewat scan QR. Selain itu, kita diminta untuk mengunduh sesuatu yang membahayakan data pribadi.

Untuk mencegah Phising, selalu waspada dan hindari penggunaan Qris secara sembarangan. Selanjutnya periksa keamanan gadget secara berkala, hindari dan hapus jika ada aplikasi dan pesan yang mencurigakan.

Jangan mudah percaya, terlebih jika berhubungan dengan keamanan username, sandi dan scan QR.

Editor : Dimas Adi Putra/Addinda Zen

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life