Home » Zulkifli Hasan Bertemu Mendag Australia, Ini yang Dibahas

Zulkifli Hasan Bertemu Mendag Australia, Ini yang Dibahas

by Ale Luna
1 minutes read
Zulkifli Hasan Bertemu Mendag Australia, Ini yang Dibahas/Humas Kemendag

ESENSI.TV - DETROIT

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Don Farell di Detroit, Amerika Serikat (AS). Kedua menteri membahas sejumlah upaya peningkatan kerja sama perdagangan Indonesia dan Australia.

“Indonesia memandang Australia sebagai mitra strategis. Kami mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara dan semakin mendorong ekspor Indonesia ke Australia,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (27/5).

Pertemuan antara Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri Don Farel berlangsung di sela-sela rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan dari Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade/APEC MRT), 25–26 Mei 2023.

Saat pertemuan, Menteri Don Farell menyatakan bahwa Australia terbuka untuk berdiskusi mengenai isu ketenagakerjaan. Mendag Zulkifli Hasan pun menanggapi dan menyatakan bahwa Indonesia ingin fokus pada produk pertanian dan jasa untuk diekspor ke Australia.

Baca Juga  Presiden Jokowi Tinjau Pasar Tramo, Beli Cabai Sekilo Rp40.000 di Jawa Rp90.000

Sekilas Perdagangan Indonesia–Australia Pada 2022, total perdagangan antara Indonesia dan Australia mencapai USD 13,3 miliar. Ekspor Indonesia tercatat sebesar USD 3,5 miliar dan impor Indonesia USD 9,9 miliar. Pada periode Januari—Maret 2023, total perdagangan Indonesia dan Australia mencapai USD 2,76 miliar.

Ekspor Indonesia ke Australia sebesar USD 769,2 juta, sedangkan impor Indonesia dari Australia sebesar USD 1,99 miliar. Pada 2022, komoditas ekspor utama Indonesia ke Australia antara lain pupuk mineral atau kimia, aparatus untuk TV, minyak petroleum, perangkat telepon, dan kayu.

Sementara itu, komoditas impor utama Indonesia dari Australia antara lain daging beku, tembaga, anggur, seng, dan kapas.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaetrkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life

Pagespeed Optimization by Lighthouse.