Home » Action Speaks Louder Than Words! Wamenlu dan Parlemen Malaysia Kunjungi Perlintasan Gaza dan Rafah

Action Speaks Louder Than Words! Wamenlu dan Parlemen Malaysia Kunjungi Perlintasan Gaza dan Rafah

by Erna Sari Ulina Girsang
1 minutes read
Konvoi truk bantuan kemanusiaan ke Gaza melewati Jordan. Foto: © WFP

ESENSI.TV - JAKARTA

Perwakilan pejabat Pemerintah dan legislator Malaysia berkunjung langsung ke sekitar wilayah Gaza dan Rafah. Tujuannya untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina atas perang yang masih berlangsung di daerah tersebut.

Aksi ini dilakukan untuk menunjukkan secara langsung kepada warga Palestina, bahwa Malaysia sangat memperhatikan kondisi masyarakat di negara itu. Selain dari pernyataan politis di forum internasional.

Delegasi Malaysia dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Malaysia Mohamad Alamin dan diikuti oleh sejumlah anggota Parleman negara itu.

Dalam keterangan Kementerian Luar Negeri (KLN) Malaysia yang diolah dari sejumlah media lokal Malaysia, kunjungan tersebut dihelat pada tanggal 21 hingga 24 Februari 2024.

Perlintasan Rafah dan Gaza

Rombongan diketahui mengunjungi perlintasan Rafah dan Gaza yang menjadi tempat penampungan dan penyimpanan sementara. Atau transit bantuan kemanusiaan, termasuk bantuan dari Malaysia untuk rakyat Palestina.

Mereka juga mengunjungi rumah sakit yang mengelola bantuan dari Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS).

Rombongan juga bertemu dengan sejumlah tokoh di Mesir dan Palestina, antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Mesir Hamdi Loza dan Pemimpin Eksekutif Bulan Sabit Merah Mesir (ERC) Rami Al Nazer.

Baca Juga  PBB Desak Israel Hentikan Serangan Terhadap Rumah Sakit di Jalur Gaza

Dalam pertemuan itu, Pemerintah dan Senator Malaysia membahas kerja sama ke depan untuk membantu rakyat Palestina dari sisi dukungan moril maupun kemanusiaan, seperti perawatan medis, baik warga yang masih bertahan di Gaza maupun yang telah mengungsi ke Mesir.

Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia secara simbolis juga menyerahkan bantuan dari masyarakat Malaysia kepada warga Palestina melalui ERC dn PRCS.

Kepada ERC diberikan dana tunai senilai USD250.000 atau setara Rp3,89 miliar dan kepada PRCS senilai USD500.000 atau setara Rp7,8 miliar.

Pemerintah dan legislator Malaysia juga menyerahkan paket bantuan kemanusiaan sebanyak 100 ton 5,6 juta ringgit Malaysia atau setara Rp18,7 miliar), seperti makanan, obat-obatan, perlengkapan medis dan perlengkapan musim dingin.

Email : ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

 

 

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life