Home » Asian Para Games 2022 Hangzhou Resmi Dibuka

Asian Para Games 2022 Hangzhou Resmi Dibuka

by Junita Ariani
1 minutes read
Defile kontingen Indonesia memamerkan keragaman adat nusantara pada pembukaan Asian Para Games 2022 di Hangzhou

Asian Para Games 2022 Hangzhou resmi dibuka. Pembukaan digelar di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Hangzhou, China, Minggu (22/10/2023) malam.

Setiap negara peserta tampil memukau saat sesi parade atau defile atlet. Begitu juga dengan Kontingen Indonesia yang berhasil mencuri perhatian lewat busana yang dikenakan.

Defile kontingen Indonesia memamerkan keragaman adat nusantara. Kontingen Merah-Putih berada di urutan kesembilan setelah India pada defile kontingen.

Riadi Saputra dan Dwiska Maharani memimpin barisan sebagai pembawa bendera Merah Putih. Riadi Saputra mengenakan baju adat Kalimantan sementara Dwiska memakai baju adat Sumatera.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou, Angela Tanoesoedibjo, turut hadir dalam defile kontingen.

Deputi CdM, Andi Herman, juga menemanin dalam barisan ketiga setelah para atlet yang menggunakan kursi roda.

Kontingen Indonesia yang berada pada bagian depan mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia. Busana adat yang dikenakan yaitu untuk wanita berasal dari Lampung, Palembang dan Bali.

Sedangkan untuk pria berasal dari Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan Aceh.

“Kami bawa konsep keragaman budaya, maka kami menampilkan beberapa pakaian adat. Yang mewakili etnis ataupun wilayah yang ada di negara kita,” terang Andi Herman.

Baca Juga  Menpora Dukung Kormi Bawa Olahraga Masyarakat Indonesia Mendunia

Targetkan 19 Medali Emas

Seragam jaket Kontingen Indonesia bernuansa merah dan putih dengan sentuhan motif mega mendung.

Empat motif mega mendung di bagian dada kanan yang berarti ‘Saka Guru’, yaitu tonggak penyangga harapan para atet Indonesia agar tidak goyah dalam segala hal.

Sementara satu motif mega mendung pada bagian dada sebelah kiri memliki arti sebagai pendingin agar para atlet berfikiran sehat.

Motif lainnya ialah songket Sumatera dengan benang perak motif bintang berantai pada bagian lengan. Motif bintang berantai memiliki arti kesatuan dari bintang-bintang yang bermakna kemenangan atau kemajuan yang pesat.

Pesan ini diharapkan para atlet bertekad kuat untuk maju dan menang. Pada bagian punggung terdapat gambar peta Indonesia yang menggambarkan luasnya wilayah dan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Indonesia mengirimkan 130 atlet dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou yang akan berjuang di 12 cabang olahraga.

Skuad merah putih diharapkan mampu finish dalam jajaran 10 besar AiPG Hangzhou 2022 dengan membawa pulang 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life