Home » Hari Ini, Menag Buka Perkemahan Wirakarya Nasional di Gorontalo, Dihadiri 1.200 Peserta

Hari Ini, Menag Buka Perkemahan Wirakarya Nasional di Gorontalo, Dihadiri 1.200 Peserta

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - GORONTALO

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan membuka Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PWN PTKN) XVI Tahun 2023. Perkemahan yang digelar di bumi Serambi Madinah Gorontalo, dibuka Menag hari ini, Senin (22/5/2023).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemanag, Ali Ramdhani mengatakan, sebanyak 1.200 peserta kontingen PTKN se-Indonesia sudah tiba di Gorontalo.

“Kegiatan ini akan digelar di Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo,” kata  Ali Ramdhani di Gorontalo, Minggu (21/5/2023).

Dikatakannya, PWN 2023 mengusung tema “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.

Tema ini kata dia, menjadi semacam tagline yang tidak hanya dipahami secara teoritis bagi peserta pramuka. Namun lebih dari itu harus menjadi laku hidup sehari-hari.

“Tema besar kali ini adalah upaya Kementerian Agama untuk bisa menghadirkan semacam kesadaran bersama sebagai sebuah bangsa besar yang beragam. Dan, terus mengutamakan persatuan dalam perbedaan yang sebenarnya adalah ketentuan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” jelasnya.

Baca Juga  Tiga Arahan Presiden Jokowi Terkait Kontrak Kerja Sama Migas dan Pertambangan

Ali mengingatkan pada peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Renungkan setiap pesan moral yang hadir dalam kegiatan ini. Tanamkan rasa kecintaan pada tanah air, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Tuhanan, kemanusiaan, dan alam semesta,” sambung Ali.

Dijelaskannya, PWN juga menjadi wadah pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega yang berpangkalan di PTK.

Yang bertujuan untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan segala potensi yang dimiliki, meningkatkan kemandirian. Sehingga mampu mendedikasikan karya dan bakti nyata di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Tri Bina Pramuka.

Bentuk kegiatan pada PWN PTK XVI Tahun 2023 terbagi menjadi kegiatan umum, kegiatan bakti fisik, bakti non-fisik. Pengembangan wawasan dan keterampilan serta malam pentas seni budaya Nusantara. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life