Home » Ini Jawaban Atas 4 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Soal Imlek

Ini Jawaban Atas 4 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Soal Imlek

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi imlek. Foto: pixabay.com

ESENSI.TV - JAKARTA

Tahun Baru Imlek telah tiba hari ini tanggal 10 Februari. Acara ini dirayakan di komunitas Asia di seluruh dunia, termasuk Tiongkok, Korea dan Vietnam karena menandai berakhirnya satu tahun dan datangnya musim semi.

Dirayakan selama berabad-abad, Tahun Baru Imlek, atau Festival Musim Semi, terkait erat dengan Tahun Baru Imlek, dan ditandai dengan pergantian hewan zodiak untuk mewakili tahun yang akan datang.

Dimulai pada 10 Februari 2024 menandai Tahun Naga. Sebagai tokoh sentral dalam budaya Tiongkok, naga melambangkan semangat, kekuatan, dan keberuntungan, serta atribut-atribut kuat lainnya.

Seperti dikutip dari tulisan Sarah Lemire, dalam lamam Today, berikut empat hal yang perlu kamu ketahui soal imlek.

1. Kapan Tahun Baru Imlek?

Bertepatan dengan bulan baru, Tahun Baru Imlek dimulai pada hari Sabtu, 10 Februari dan, sesuai tradisi, berlangsung selama 15 hari, meskipun kadang-kadang dapat berlangsung hingga total 17 hari.

Menurut Universitas Columbia, hari libur ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan bertepatan dengan berakhirnya musim pertanian di Tiongkok, sehingga para petani dapat beristirahat dari pekerjaan lapangan dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tradisi menghabiskan Tahun Baru Imlek bersama orang-orang terkasih terus berlanjut hingga saat ini, dengan banyak anggota komunitas Asia yang bepergian jauh untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat dan tersayang di depan.

2. Apa yang menentukan Tahun Baru Imlek?

Sepertinya kedengarannya, Tahun Baru Imlek bertepatan dengan dimulainya bulan baru. Praktik menandai Tahun Baru Imlek dimulai berabad-abad yang lalu dan terkait dengan kalender Xia kuno yang memperingati tahun baru pada bulan baru kedua setelah titik balik matahari musim dingin, menurut Universitas Columbia.

Baca Juga  DPR akan Bahas Wacana Tarif KRL untuk Orang Kaya

Meskipun tahun baru secara teknis dimulai pada hari pertama bulan Januari, perayaan Tahun Baru Imlek tetap menjadi bagian integral dalam budaya Asia dan secara bertahap berkembang menjadi perayaan musiman yang umumnya dikenal sebagai “Festival Musim Semi”.

3. Tradisi umum Tahun Baru Imlek

Ada banyak tradisi dan adat istiadat yang telah lama ada terkait dengan datangnya tahun baru, termasuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, berbelanja barang-barang liburan, dan menukarkan amplop merah keberuntungan yang dikenal sebagai “hóngbāo”.

Melambangkan keberuntungan, amplop yang menarik perhatian ini biasanya berisi uang dan dihiasi dengan hiasan gambar emas untuk melambangkan kemakmuran.

4. Apa Itu Tahun Baru Imlek?

Malam Tahun Baru juga merupakan hari untuk membersihkan rumah dengan harapan dapat membersihkan rumah dari segala nasib buruk yang masih ada. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak membersihkan pada hari pertama Tahun Baru Imlek karena takut menghilangkan keberuntungan yang datang menjelang tengah malam.

Entah itu kembang api yang menerangi langit malam atau hanya kembang api kecil berwarna merah yang biasa ditemukan di toko, kembang api merupakan bagian integral dari Tahun Baru Imlek.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life