Home » Jangan Remehkan Getah Pepaya kalau Tidak Mau Rugi

Jangan Remehkan Getah Pepaya kalau Tidak Mau Rugi

by Junita Ariani
2 minutes read
Getah Pepaya

ESENSI.TV - JAKARTA

Pepaya merupakan salah satu buah yang mampu hidup dan beradaptasi di berbagai kondisi tanah. Tidak hanya rasanya yang manis, buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Itu sebabnya, mengapa orang suka mengonsumsi buah pepaya.

Tidak hanya buahnya, hampir semua bagian tanaman ini dapat digunakan mulai dari daun, bunga, biji, akar hingga getah pepaya.

Getah buah yang satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Penasaran kan apa saja manfaatnya?

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/10/2023), inilah sejumlah manfaat getah buah bernama latin Carica papaya.L untuk kesehatan.

1. Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Manfaat yang pertama adalah mampu mengatasi pecah-pecah pada tumit. Jika mengalami hal tersebut, bisa Anda atasi dengan getah pepaya muda. Caranya adalah cuci pepaya muda tersebut hingga bersih.

Lalu, sayat buah sampai getah bening berwarna putih pekat keluar. Setelah itu, oleskan getah ke bagian tumit yang mengalami pecah-pecah. Selanjutnya tinggal Anda diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Mengobati Luka Bakar

Perlu Anda tahu, jika getah pepaya ini mengandung carpain. Carpain sendiri merupakan enzim papain dan substansi antibacterial. Senyawa tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar.

Caranya, Anda perlu menyiramkan air pada luka bakar. Lalu tunggu hingga 30 menit dan oleskan getahnya pada luka bakar.

Baca Juga  Kamu Bermasalah Dengan Asam Lambung? Mungkin 4 Makanan Ini Bisa Meringankan Penderitaanmu

3. Mengobati Gatal-gatal

Sedang mengalami gatal-gatal pada kulit? Hal tersebut bisa Anda atasi dengan menggunakan getah buah Carica ini. Sebab, dalam getahnya mengandung asam amino dan papain, yang mampu mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Caranya dengan membersihkan kulit yang gatal-gatal terlebih dahulu. Setelah itu, olesi dengan getah pepaya yang masih muda.

4. Mengobati Sakit Gigi

Ketika sedang mengalami sakit gigi, tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satu hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut adalah karena gigi yang berlubang.

Sakit gigi tersebut bisa Anda redakan dengan menggunakan getah pepaya. Caranya, cuci buah hingga bersih. Lalu teteskan getahnya pada kapas. Setelah itu tempelkan pada gigi yang berlubang.

5. Menghilangkan Jerawat

Salah satu hal yang dapat mengganggu rasa percaya diri adalah, ketika Anda memiliki jerawat pada wajah. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan getah pepaya.

Pertama Anda harus mencuci buah pepaya muda hingga bersih. Setelah itu, sayat kulit pepaya hingga mengeluarkan getah. Lalu oleskan ke bagian wajah Anda yang ada jerawat. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa manfaat getah pepaya yang perlu Anda ketahui. Silakan dicoba!*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life