Home » 4 Manfaat Daun Walang Sangit

4 Manfaat Daun Walang Sangit

by Achmat
2 minutes read
daun walang

ESENSI.TV - JAKARTA

Daun walang sangit memiliki aroma khas. Bahkan aromanya mirip dengan hama walang sangit yang kerap dijumpai di sawah, saat menjelang panen padi.

Daun walang sangit merupakan sejenis tumbuhan herba menahun dengan akar yang kuat. Berbatang pipih dan bergaris dengan tinggi tanaman antara 20 centimeter (cm) sampai 60 cm.

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, daun walang sangit juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Karena itu, daun walang sangit memiliki nilai ekonomis. Bahkan, daun walang sangit dijual di platform e-commerce Rp40 ribu per kilo gram.

Nah, berikut ini 4 manfaat daun walang sangit yang bisa Anda coba di rumah.

1. Menghilangkan Bau Di Badan

Daun walang sangit dipercaya ampuh menghilangkan bau badan. Hal itu karena daun walang sangit mengandung aldehid. Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup merebus beberapa lembar daun walang walang sangit dengan air secukupnya hingga mendidih. Lalu tunggu air rebusan hingga dingin, dan minum secara rutin. Bau badan Anda akan sedikit demi sedikit menghilang.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Daun walang sangit mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Caranya jemur tanaman hingga kering kemudian rebus dengan air secukupnya. Air rebusan tersebut dipercaya dapat membantu kesehatan mata

Baca Juga  Densus 88 Antiteror Polri Tangkap 9 Terduga Teroris Jaringan JI di Jawa Tengah

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun walang sangit ketiga yaitu, mampu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin dan berbagai mineral yang ada pada daun walang sangit berperan menjaga kesehatan pada kulit anda. Tak hanya mencegah kerusakan sel kulit, daun walang sangit juga mampu mencegah penuaan dini, mengatasi kulit kusam, menghilangkan kulit keriput dan sebagainya.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan Anda terganggu? Cobalah konsumsi daun yang satu ini secara rutin. Menurut penelitian dalam journal Clinical Of Food & Nutrition pada tahun 2001 menyebutkan, daun walang sangit sangat efektif dalam menangani masalah turunnya nafsu makan pada seseorang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Asam Momordicine dan Asam Trichosanat di dalam daun walang sangit.

Tidak hanya untuk kesehatan, tumbuhan ini juga dikenal oleh para pemancing sebagai media campuran pada umpan untuk memancing berbagai jenis ikan. Tertarik untuk mengonsumsi daun walang?

 

Editor: Addinda Zen

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life