Home » Kemendikbud Buka PPG Prajabatan 2024, Simak Info Penting Ini Ya

Kemendikbud Buka PPG Prajabatan 2024, Simak Info Penting Ini Ya

by Nazarudin
3 minutes read
PPG Prajabatan 2024

ESENSI.TV -

Program pendidikan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, PPG Prajabatan 2024 merupakan program lanjutan setelah menyelesaikan program sarjana atau sarjana terapan. 

PPG Prajabatan 2024 Kemdikbud sendiri ditujukan untuk para lulusan Sarjana maupun Diploma IV. Jurusan yang boleh mengikuti yakni dari kependidikan dan non kependidikan. 

Melalui PPG Prajabatan 2024, calon guru dapat memperoleh Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan juga pendidikan menengah. 

Nah, bagi para calon guru yang ingin mendapatkan Sertifikat Pendidik tersebut, yuk cari tahu lebih lanjut di bawah ini. 

Kenapa Calon Guru Harus Ikut PPG Prajabatan?

Dilansir dari laman resmi PPG Kemdikbud, ada beberapa alasan yang paling penting, yakni berikut ini:

  • Mendapatkan Sertifikat Pendidik, sehingga dapat dinyatakan sebagai guru profesional.
  • Meningkatkan beberapa kompetensi keguruan, seperti pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian sebelum memulai tugas sebagai seorang guru profesional yang semestinya. 
  • Mendapatkan pengakuan sebagai guru profesional. 

Sementara itu, tidak semua kandidat dapat lanjut sampai tahap pendidikan tersebut karena harus melewati beberapa tahap seleksi terlebih dahulu. Sebelumnya, para calon guru harus memastikan dirinya telah memenuhi persyaratan dalam PPG Prajabatan.

Apa Saja Persyaratan PPG Prajabatan?

Sebelum mendaftar, calon guru wajib memastikan dirinya telah memenuhi persyaratan di antaranya: 

  • Seorang WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Bukan seorang Guru/Kepala Sekolah yang terdaftar pada Data Pokok Pendidik (Dapodik). 
  • Memiliki kualifikasi akademik sebagai sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dibuktikan dengan ijazah yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Sedangkan, bagi lulusan luar negeri harus terdata (dalam basis unit data) unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri. 
  • IPK (Indeks kumulatif) minimal 3,00 atau tiga koma nol nol.
  • Usia maksimal 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran (2024). 
  • Mempunyai surat keterangan sehat jasmani dan rohani (penyerahan surat ketika lapor dini).
  • Mempunyai surat keterangan berkelakuan baik (penyerahan surat ketika lapor dini).
  • Mempunyai surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (penyerahan surat ketika lapor dini).
  • Telah menandatangani pakta integritas PPG yang merupakan dokumen yang menyatakan komitmen melaksanakan tugas serta tanggung jawab sesuai ketentuan selama menjalankan program tersebut. 
  • Tertib mengikuti tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.
Baca Juga  Idul Fitri 1444 H, Airlangga Hartarto: Golkar Melihat Hikmah Kemenangan

Bagaimana Cara Daftar PPG Prajabatan?

Jika sudah merasa memenuhi persyaratan, kini saatnya beralih ke tahap selanjutnya. Tahapan awal dari program ini yakni calon guru harus mendaftarkan diri pada laman khusus PPG. Lebih lengkapnya berikut ini:

  • Wajib mempunyai alamat email yang aktif serta nomor telepon yang terkoneksi dengan WhatsApp. 
  • Pastikan untuk mengakses laman https://ppg.kemdikbud.go.id. Setelah itu, pilihlah menu “Daftar PPG Prajabatan”. Setelah itu pilih opsi “Daftar sebagai Peserta”.
  • Jika sudah, buatlah akun pendaftaran aplikasi SIMPKB menggunakan email aktif. Pendaftar akan memperoleh pesan pada email yang berisi tautan (link) untuk mengkonfirmasi pendaftaran. Untuk melanjutkan proses pendaftaran, pendaftar harus klik tautan tersebut. 
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Jenis Kelamin, dan Tanggal Lahir, sesuai dengan kolomnya. Data tersebut akan diverifikasi secara otomatis oleh program. Sehingga, akun berhasil dibuat jika data yang dimasukkan telah dinyatakan valid dan memenuhi poin yang disebutkan sebelumnya. 
  • Setelah itu, pendaftar login pada aplikasi SIMPKB menggunakan nama pengguna (Username) dan kata sandi (password) yang telah ditetapkan pada awal pendaftaran. Apabila sudah berhasil login, calon peserta harus melengkapi informasi berikut ini:
  1. Biodata diri,
  2. Data kemahasiswaan,
  3. Bidang studi PPG,
  4. Peminatan lokasi bertugas,
  5. Data pendukung, misalnya pengalaman mengikuti pelatihan, organisasi, volunteer atau sukarelawan, melatih atau mengembangkan orang lain serta hobi. 
  6. Membuat Esai,
  7. Mengunggah dokumen seperti:

– Foto terbaru mengenakan pakaian formal (setelan kemeja putih, dasi hitam, rambut rapi, jika berjilbab wajib berwarna hitam), latar belakang foto berwarna biru. Besar ukuran filenya tidak lebih dari 1Mb.

– Pakta integritas yang sudah ditandatangani di atas materai Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).

– Bagi pendaftar dari lulusan Luar Negeri wajib mengunggah SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri serta transkrip asli dari Perguruan Tinggi asalnya.

Kapan Batas Akhir Pengisian Seluruh Data PPG Prajabatan? 

Dikutip dari laman resmi PPG Kemdikbud, batas akhir pengisian data atau seleksi tahap pertama maksimal hingga tanggal 15 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

Jadi, pastikan kamu sudah melengkapi seluruh data sebelum tanggal tersebut ya. Pengumpulan data di waktu mendekati deadline beresiko mengalami server yang terlalu ramai. Yuk, segera daftarkan diri kamu sekarang juga. (*)

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life