Home » Butuh Persiapan Ekstra, Ini 4 Jurusan dengan Pesaing Terbanyak

Butuh Persiapan Ekstra, Ini 4 Jurusan dengan Pesaing Terbanyak

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Ilustrasi mahasiswa di luar negeri. Foto: Image by Freepik

ESENSI.TV - JAMBI

Hai adik-adik! Gimana nih persiapan kamu untuk menuju jenjang yang lebih serius setelah lulus SMA? Sudah tau kampus mana selanjutnya?

Persiapan seperti belajar, mengikuti kursus, biaya, dan lainnya pasti sudah disiapkan untuk ikut bersaing dalam memilih dan menentukan kampus beserta jurusan yang kelak akan kamu pilih sebagai tahap lanjutan studi mu ke jenjang yang lebih profesional.

Nah, untuk itu kamu harus tau, nih, selain hal-hal yang sudah di sebutkan diatas, kamu juga harus selalu update tentang jurusan yang akan kamu pilih, sesuai dengan kemampuan dan passion kamu.

Karena kalau dipikirkan, saingan kamu bukan lagi orang-orang satu sekolah atau satu kota kamu, tetapi seluruh Indonesia yang sama-sama ingin melanjutkan pendidikan.

Nah, agar kamu lebih matang dalam mempersiapkan diri, nih bocoran jurusan apa saja yang memiliki pesaing terbanyak di dalam dunia perkuliahan. Dilansir dari beberapa sumber terpercaya.

1. Kedokteran

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjadi dokter adalah cita-cita masa kecil sebagian besar anak negeri. Jadi jangan heran jika jurusan yang satu ini di serbu oleh banyak calon mahasiswa.

Namun demikian, bukan tak mungkin untuk kamu menjadi salah satu mahasiswa kedokteran, dengan persiapan penuh, kerja keras serta niat yang mulia. Karena tak hanya menjadi mahasiswa kelak kamu akan berurusan dengan nyawa manusia.

Baca Juga  Cinta Alam Tanpa Mahal! 5 Rekomendasi Tempat Camping Hemat Budget

2. Psikologi

Selanjutnya ada jurusan psikologi. Jurusan yang satu ini selalu memiliki banyak sekali peminat setiap tahunnya.

Hal tersebut karena jurusan psikologi memiliki peluang kerja yang besar, selain itu jurusan psikologi banyak diminati karena ketertarikan seorang calon mahasiswa untuk memahami tentang emosi manusia dengan alasan kemanusiaan dan ingin membantu sesama.

Maka dari itu, jurusan ini menjadi salah satu yang memiliki banyak peminat, kamu harus lebih giat belajar untuk masuk kesini.

3. Ilmu Komunikasi

Sama seperti jurusan psikologi, jurusan yang satu ini juga tak kalah. Ilmu komunkais memiliki banyak peminat karena peluang kerja yang besar dan dibutuhkan oleh banyak Perusahaan.

Sehingga untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, harus memiliki persiapan dari dini untuk menghadapi ketatnya persaingan.

4. Teknik Informatika

Selanjutnya adalah teknik informatika. Perkembangan masa modern dan inovasi teknologi membuat jurusan yang satu ini menjadi jurusan yang tidak lekang oleh zaman.

Jurusan ini merupakan salah satu ranah sains. Sehingga pelajaran yang harus kamu kuasai adalah matematika, fisika dan bahasa inggris.

Nah, itu dia 4 jurusan dengan pesaing terbanyak. Salah satunya ada yang masuk wish list kamu?

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life