Home » Isu E-Commerce Ditutup, Wamendag Jerry: Pemerintah Bukan Menutup Tapi Mengatur Jalannya Penjualan

Isu E-Commerce Ditutup, Wamendag Jerry: Pemerintah Bukan Menutup Tapi Mengatur Jalannya Penjualan

by Administrator Esensi
1 minutes read
Isu E-Commerce Ditutup Begini Kata Wamendag, Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga memberikan sejumlah keterangan mengenai bagaimana pedagang yang mengalami dampak penurunan dari penjualan online.

Jerry menjelaskan bahwa sosial media itu tidak bisa digunakan untuk berjualan. Jadi ia memaparkan alasan tentang mengapa pemerintah tetap ingin memisahkan antara jualan online (e-commerce) dengan sosial media.

“Sosial media itu tidak bisa jualan. Karena sosial media itu bukan e-commerce.” Jelasnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan RI, Jum’at (13/10/2023).

Ia juga mengatakan bagi pedagang yang ingin berjualan online, harus mengikuti peraturan e-commerce. Sehingga bukan lagi larangan yang didapat oleh para pedangan online.

Bukan Untuk Melarang Tapi Mengatur

Jerry  juga memaparkan bahwa pada prinsip peraturan yang telah ada bukan untuk melarang mereka berjualan tetapi mengatur jalannya penjualan tersebut.

“Pemerintah itu bukan melarang tapi mengatur. Kalau mereka mau jualan ya jualan. Kalau mau sosial media, ya (gunakan) sosial media” tuturnya.

Menurutnya, kalau mau jualan harus di pisah menjadi e-commerce. Jadi masyarakat tetap bisa menggunakan sosial medianya seperti biasanya.

Apa Mungkin E-Commerce Ditutup?

Kemajuan teknologi inovasi membawa dampak yang sangat baik. Wamendag menjelaskan masyarakat bisa menggunakan e-commerce ini dapat dilihat dari sisi komperhensifnya. Jadi tidak perlu memikirkan ditutup atau tidak tapi lihat kepada benefitnya.

Baca Juga  ASEAN Tandatangani MoU Pengembangan Kekayaan Intelektual dan Luncurkan IP Register

“Jadi bukan persoalan ditutup atau tidak, tetapi semua pinak yang berkepentingan bisa melihat dari sisi komperhensif. Karena e-commerce ini sangat membantu.” Jelasnya.

Aspek -aspek positif dari perkembangan teknologi, seperti adanya e-commerce ini memberikan kemudahan dan benefit, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses menggunakan e-commerce. Jangkauan nya bisa lebih luas dengan menggunakan e-commerce.

Bagaimana Dengan Penjual Offline?

Pemerintah menyampaikan, persilakan mereka jualan offline. Tetapi dari pemerintah juga mempersilakan jualan online. Menurut Jerry, pemerintah sangat membuka  kesempatan yang sama untuk berjualan, baik offline maupun online.

“Kami buka semua kesempatan yang sama dan dalam potensi yang sama untuk berjualan,” jelasnya.

Ini yang bisa kami sampaikan ke public, untuk mentransformasikan kehidupan kita sehari-hari dengan aspek yang lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan aspek teknologi ini masyarakat juga dipersilakan memilih dengan opsi yang memudahkan mereka untuk berjualan.

“Opsi -opsi itu ada, pilihan-pilihan bagi yang jualan online maupun offline itu ada,” tutur Jerry.

 

Editor : Firda / Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life