Home » Koperasi Pegawai RI Alami Kendala Pembayaran ASN, Ijeck akan Sampaikan ke Bank Sumut

Koperasi Pegawai RI Alami Kendala Pembayaran ASN, Ijeck akan Sampaikan ke Bank Sumut

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - DELISERDANG, SUMUT

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap Gabungan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (GKP-RI) Sumut bisa terus berkembang.

Menurut Wagub, keberadaan koperasi sangatlah penting, terlebih GKP-RI yang beranggotakan para pegawai negeri. Anggota koperasi merupakan pemilik dana yang dikelola.

“Karena itu, koperasi harus berkembang agar semua anggota dapat menikmati manfaatnya,” ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub.

Ijeck mengatakan itu saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) RAT GKP-RI Sumut Tahun Buku 2022 di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Deliserdang, Kamis (25/5/2023).

Ijek meminta Koperasi Pegawai RI (KP-RI), tidak hanya mengembangkan simpan pinjam. Pengurus koperasi dituntut berinovasi dan mengembangkan unit-unit usaha lain.

“Agar bisa bersaing, koperasi harus memiliki unit usaha unggulan dengan, mengembangkan produk UMKM,” katanya.

Tentang kondisi KP-RI di setiap instansi/OPD yang mengalami kendala dalam menjalankan usaha simpan pinjam, Ijeck akan menyampaikannya ke pihak terkait.

“Terkait kendala yang disampaikan Ketua Bapak Zainuddin nanti akan kita lihat seperti apa aturannya dari Bank Sumut,” ujar Ijeck.

Pembayaran Simpan Pinjam Terkendala

Ketua 1 GKP-RI Sumut Zainuddin mengatakan, kondisi KP-RI yang ada di setiap instansi/OPD ternyata sejak satu tahun terakhir ini mengalami kendala.

Baca Juga  Bupati Samosir Akui Pembangunan GOR Terealisasi Berkat Wagub Sumut

Kendala tersebut diakibatkan pemotongan gaji atas pinjaman dari ASN yang selama ini dilakukan oleh Bank Sumut di setiap daerah tidak berjalan.

Hal ini, karena terjadinya perbedaan persepsi di antara pimpinan cabang di setiap Bank Sumut di daerah. Tentang dilakukannya pemotongan gaji atas pinjaman dari PNS/ASN kepada kedua belah pihak. Yaitu peminjaman pada KP-RI dan Bank Sumut.

“Sementara Bank Sumut pasti mengutamakan pemotongan gaji yang menerima kredit dari Bank Sumut itu sendiri. Sehingga pemotongan peminjaman kredit dari KP-RI terabaikan,” jelasnya.

Selain melaporkan pertanggungjawaban pengurus, RAT GKP-RI Sumut ini juga untuk menyampaikan rencana kerja di tahun 2023.

Zainuddin berharap kedatangan Ijeck dalam RAT GKP tersebut bisa membantu menuntaskan masalah yang selama ini menghambat kinerja KP-RI di Provinsi Sumut.

“Kami meminta masukan dari Pak Wagub dan berharap bapak bisa menindaklanjuti harapan kami. Semoga acara ini juga bisa menghadilkan program-program yang lebih baik seperti yang diharapkan Bapak Wagub,” tutupnya.

Hadir dalam acara Ketua PKP-RI Hadi Suryadi, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Deliserdang Rabiatul Adawiyah.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life