Home » Menkeu Belum Setujui Anggaran Pemilu 2024, Termasuk PPLN Masih Kosong

Menkeu Belum Setujui Anggaran Pemilu 2024, Termasuk PPLN Masih Kosong

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

Komisi II DPR RI akan mendorong Menteri Keuangan (Menkeu) untuk segera menyetujui anggaran bagi penyelenggara pemilu 2024.

Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, seluruh fungsi kepemiluan dan tahapan pemilu tidak akan berjalan jika anggarannya tidak ada.

“Karena tidak mungkin berjalan dengan baik kalau anggarannya nggak ada,” jelas Rifqi, Selasa (30/5/2023), di Jakarta.

Sebelumnya, Komisi II mengadakan rapat dengar pendapat dengan Mendagri Ketua KPU, Ketua Bawaslu, BNPP, dan DKPP di, Senayan, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Beberapa diantaranya yang masih menjadi sorotan Rifqi, adalah anggaran Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Di mana sampai saat ini anggarannya masih kosong.

”Bagi kami itu penting karena ada beberapa hal yang keberadaannya ada tapi kemudian anggarannya masih kosong. Itu PPLN petugas pemungutan luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga  Menag Imbau Masyarakat Tidak Pilih Pemimpin yang Gunakan Agama Jadi Alat Politik

Kemudian, Bawaslu juga menyinggung tentang Sentra Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu) yang juga anggarannya masih belum disetujui Menkeu.

Rifqi juga mengungkapkan, tim pemeriksa daerah yang membantu anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sampai saat ini belum jelas honornya. Padahal, DKPP itu terkait dengan pelanggaran etik penyelenggara di daerah.

”DKPP tadi juga telah menyampaikan bahwa tim pemeriksa daerah yang membantu anggota DKPP jika ada laporan pelanggaran etik penyelenggara nggak ada honornya selama ini. Jumlahnya ada dua orang di setiap provinsi,” tutupnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life