Home » Menparekraf Diminta Siapkan Promosi Pariwisata Aceh-Sumut Jelang PON XXI

Menparekraf Diminta Siapkan Promosi Pariwisata Aceh-Sumut Jelang PON XXI

by Junita Ariani
1 minutes read
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meyakini penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 pada 10-11 Oktober 2023 akan memberikan dampak positif bagi pariwisata di Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno diminta untuk menyiapkan promosi destinasi pariwisata di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Di mana kedua provinsi itu akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Tahun 2024.

Perintah tersebut diberikan Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas (ratas), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/10/2023).

“Tadi Bapak Presiden memberikan arahan, termasuk dalam lingkup kami di Kemenparekraf. Bagaimana menyiapkan promosi wisata di masing-masing provinsi dan sekitarnya,” kata Sandiaga kepada wartawan usai ratas.

Kemenparekraf kata Sandiaga, diminta untuk memastikan bahwa PON 2024 ini akan menghadirkan geliat ekonomi. Begitu juga dampak terhadap peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja.

Sandiaga menjelaskan, di Sumut selain destinasi wisata super prioritas (DPSP) Danau Toba, terdapat juga destinasi ekowisata lainnya. Seperti Bukit Lawang.

Sementara di Aceh, pihaknya berencana untuk mengintegrasikan aspek wisata religi dengan menghubungkannya dengan peringatan 20 tahun bencana tsunami.

Baca Juga  Tarif Pajak Hiburan Naik 40-75 Persen, Nuroji: Pariwisata akan Semakin Lesu

“Ini akan kami siapkan sekaligus juga acara pembukaan dan penutupannya yang kita harapkan mampu menjadikan kesuksesan bagi PON 2024,” ujarnya.

Menparekraf mengungkapkan, potensi peningkatan kunjungan wisatawan ke DPSP mencapai 10 hingga 15 persen di setiap ada event.

“Event ini menambah kualitas dari kunjungan wisatawan, juga dari segi pergerakan. Karena ini akan dilakukan di beberapa kabupaten,” ujarnya.

Sandiaga juga memastikan dukungan akomodasi saat penyelenggaraan PON XXI nanti. Baik untuk kontingen maupun para pendukung dan suporter.

“Kita akan pastikan dukungan fasilitas akomodasi pariwisata ini semuanya tersedia dan juga kelengkapan fasilitas pariwisata. Seperti homestay maupun hotel-hotel yang nonbintang ini kita siapkan untuk menampung,” jelasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life