Home » Menpora Pimpin Rakor Terkait PON XXI Aceh-Sumut 2024

Menpora Pimpin Rakor Terkait PON XXI Aceh-Sumut 2024

by Junita Ariani
1 minutes read
Menpora Dito Ariotedjo memimpin rapat koordinasi

Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora RI Dito Ariotedjo memimpin rapat koordinasi (rakor) di ruang rapat lantai 10, Kemenpora, Selasa (10/10/2023) sore.

Rakor dilaksanakan dengan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hasanuddin, Ketua Umum KONI Marcio Norman. Dan, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro.

Rapat untuk menindaklanjuti hasil ratas dengan Presiden Joko Widodo baru-baru ini di Istana Negara terkait Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Saya persilahkan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Surono untuk memimpin rapat ini,” kata Menpora.

Ia berharap hari ini sudah ada progres yang signifikan.

“Karena bapak Presiden menginginkan dalam minggu ini sudah ada keputusan dari kita agar minggu depan bisa dilanjutkan kembali ratas ini,” lanjut Menpora.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Surono menyampaikan rapat hari ini menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Terkait penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Hari ini kita rapat bersama untuk membuat keputusan bersama. Di mana kita harus mencari solusi yang terbaik agar PON 2024 yang baru pertama kali ini dilaksanakan di dua provinsi bisa berjalan lancar dan baik,” kata Surono.

Cabang Olahraga Unggulan

Dengan dilaksanakan di dua tempat yaitu Aceh dan Sumut, kata Surono, seharusnya pembagian wewenang itu akan lebih baik.

Baca Juga  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Argentina Skor 2-0

Karena paling tidak informasi terkait rasionalisasi (pemangkasan) jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di PON 2024 akan mempengaruhi pembangunan sarana prasarananya.

Dan rasionalisasi ini, lanjutnya, akan mengakibatkan kurangnya jumlah peserta, akomodasi, transportasi dan sebagainya. Dari rasionalisasi ini akan terjadi efisiensi anggaran.

“Tetapi paling tidak kita ingin melihat cabang-cabang mana yang perlu kita pertahankan. Tentunya cabang olahraga yang prioritas yang bisa mendulang medali di tingkat internasional,” urainya.

“Jadi mari kita satukan persepsi kita agar nanti di mulai dari PON 2024 Aceh Sumut. Selanjutnya akan mengacu pada cabang olahraga unggulan dan prioritas yang bisa menghasilkan prestasi di nasional maupun internasional,” tutupnya.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan, penggelaran PON 2024 akan berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

“Begitu juga dengan persiapan kita di Aceh. Kita sudah sangat siap menyambut acara ini. Insyaallah ini akan berjalan dengan semestinya,” katanya.

Sedangkan Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyampaikan persiapan PON terus berjalan dengan baik.

“Sampai saat ini, persiapan PON terus berjalan, baik untuk venue, sarana dan prasarana dan lainnya,” jelasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life