Home » Musa Rajekshah Bersama Masyarakat Peduli Sungai Bahorok Beri Makan Ikan Larangan

Musa Rajekshah Bersama Masyarakat Peduli Sungai Bahorok Beri Makan Ikan Larangan

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - BAHOROK

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah bersama Masyarakat Peduli Sungai Bahorok memberi makan ikan larangan. Yang tersebar di beberapa lubuk (bagian sungai yang dalam) di depan Junggle Inn Desa Perkebunan Bukit Lawang, Jumat (26/5/2023).

Ikan larangan atau yang dikenal ikan jurung oleh masyarakat ini sebelumnya telah disebar di sepanjang 2 km di Sungai Bahorok, lima bulan yang lalu.

Hal ini dilakukan untuk menambah tujuan wisata di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.

“Hari ini bersama Bapak Wagub memberi makan ikan larangan. Lima bulan lalu Pak Wagub ikut berkontribusi memberikan 2.000 bibit ikan larangan dan telah kita sebar di beberapa lubuk sepanjang 2 km di sungai ini,” ujar Muhammad Sidiq.

Sidiq mewakili Masyarakat Peduli Sungai Bahorok, Jumat (26/5/2023).

Penyebaran bibit ikan ini, lanjut Sidiq dilakukan bersama masyarakat di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Desa Sampe Raya. Desa Timbang Lawan dan Desa Timbang Jaya.

“Ini komitmen bersama. Sama-sama kita menjaganya supaya nanti kita bisa memanen bersama. Ikan ini aset wisata. Orang datang kemari tujuan wisatanya selain melihat orangutan dan arung jeram bisa melihat ikan larangan,” katanya.

Baca Juga  Penyiksaan Anak Selebgram Emyaghnia Berlangsung Satu Jam

Ikan jurung dari Bahorok, lanjut Sidiq, cukup diminati karena dianggap lebih bagus kualitasnya dibandingkan dari sungai lain.

“Banyak orang lebih berminat ikan jurung dari Bahorok katanya lebih bagus kualitasnya karena di sini banyak bebatuan dan arusnya yang deras,” katanya.

Kepada Wagub, ia berharap ada Perda yang khusus dibuat untuk kelestarian lingkungan dan menjaga habitat sungai.

“Kami harap Pak Wagub bisa buatkan Perda. Agar tidak diracun, disetrum, dibom atau perusakan lainnya di sepanjang aliran Sungai Bohorok sepanjang lebih kurang 12 km. Karena Sungai Bohorok melewati lima desa wisata,” harapnya.

Menyahuti itu, Wagub Sumut memberikan apresiasi kepada seluruh warga yang berupaya menjaga kelestarian alam di Bahorok. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life