Home » Pemerintah Luncurkan Platform Digital LINTAS EBTKE

Pemerintah Luncurkan Platform Digital LINTAS EBTKE

by Junita Ariani
1 minutes read

ESENSI.TV - JAKARTA

Platform Digital Layanan Informasi dan Investasi Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (LINTAS EBTKE) di luncurkan. Platform ini sebagai salah satu bagian dari upaya mendorong percepatan investasi sektor EBTKE.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) meluncurkannya bekerjasama dengan Proyek Market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency (MTRE3) UNDP.

Sekretaris Ditjen KEBTKE Sahid Junaidi menjelaskan, pelaksanaan Proyek MTRE3 dengan UNDP Indonesia untuk mendukung program transisi menuju energi bersih.

Proyek ini juga mendapatkan dukungan dana hibah dari Global Environment Facility (GEF). Hal ini menjadikan MTRE3 sebagai wadah pelaksanaan kegiatan yang mendukung pelestarian lingkungan hidup.

Juga mendorong upaya transformasi pasar sektor EBT melalui pemberian dukungan penguatan sistem informasi investasi.

“Sejak dijalankan pada tahun 2017, Proyek MTRE3 telah memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat di empat provinsi percontohan. Yaitu Riau, Jambi, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT),” lanjut Sahid, Rabu,  (17/5/2023) di Auditorium EBTKE, Jakarta.

Baca Juga  Ijeck: Kesempatan bagi Sumut Delegasi Ambassador Goes to Kampung KB Lake Toba 

Sahid menjelaskan, tantangan yang dihadapi Proyek MTRE3 dalam pengembangan EBT di Indonesia adalah terbatasnya media informasi yang terintegrasi.

“Dengan Informasi yang mudah diakses dan terintegrasi dapat berfungsi sebagai panduan bagi para pemangku kepentingan. Memacu pertumbuhan investasi sektor energi terbarukan dan efisiensi energi dan transformasi pasar. Karena itu, Proyek MTRE3 melaksanakan kegiatan Integrated Market Service Center (IMSC),” tambah Sahid.

Sebagai informasi, layanan informasi dan investasi energi baru ini telah beroperasi sejak tahun 2016. Upaya pengembangan website platform digital ini dilaksanakan sejak tahun 2022 melalui penambahan menu informasi terkait potensi dan pedoman investasi sektor EBT di provinsi.

Ke depannya, Layanan Informasi dan Investasi Energi Baru ini diharapkan dapat semakin mendorong mobilisasi usaha dan investasi pengembangan EBTKE. Untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mencapai target-target nasional Indonesia. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life