Home » Provinsi Guangdong Ingin Perkuat Kerja Sama dengan Sumut di Sektor Sawit

Provinsi Guangdong Ingin Perkuat Kerja Sama dengan Sumut di Sektor Sawit

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV - MEDAN

Provinsi Guangdong, Tiongkok, memilih Sumatera Utara (Sumut) menjadi tujuan pertama lawatan internasional setelah Covid-19.

Salah satu provinsi termaju Tiongkok tersebut mengutus Wakil Gubernurnya Wang Ruijun untuk bertemu dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Menurut Edy Rahmayadi, Provinsi Guangdong ingin memperkuat kerja sama dengan Sumut di sektor sawit.

“Kerja sama dengan Guangdong di sektor ini berpotensi menguntungkan kedua provinsi,” kata Edy Rahmayadi, usai pertemuan dengan Wang Ruijun.

Pertemuan itu dilaksanakan di Lt. 10 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Jumat (26/5/2023).

Edy mengatakan, Guangdong memiliki teknologi perkebunan sawit hingga pengolahan yang lebih maju. Bahkan sekarang mereka cukup intens mengembangkan sawit.

“Kita akan lihat seperti apa kalau kita kerja sama. Yang pasti harus menguntungkan untuk kita dan mereka,” kata Edy Rahmayadi,

Sumut dan Guangdong memiliki kerja sama sister city yang sudah berjalan selama 20 tahun. Setelah Covid-19 mereda, Edy Rahmayadi berharap hubungan ini semakin erat sehingga Sumut bisa menjadi provinsi maju seperti Guangdong.

“Mereka lebih maju dari kita terutama dalam hal teknologi. Dan, itu berdampak pada perekonomian secara keseluruhan, termasuk Guangdong yang saat ini menjadi salah satu provinsi paling maju. Kita berupaya agar bisa menyamai mereka, atau bahkan lebih maju dari mereka,” kata Edy Rahmayadi.

Baca Juga  Ketersediaan Daging Sapi Sumut Surplus 2.230 Ton: Aman dari PMK

Pererat Bidang Olahraga

Pada kesempatan ini, Edy Rahmayadi juga meminta kepada Wakil Gubernur Guangdong untuk mempererat bidang olahraga. Ia berharap Guangdong membantu akses pelatihan dan pertukaran pelatih di Tiongkok.

“Sumut akan jadi tuan rumah PON 2024, dan Tiongkok juga maju di bidang olahraga. Kita ingin hubungan ini mempermudah kita berlatih ke sana. Atau pelatih mereka yang ke sini, biar atlet-atlet kita bisa tampilkan yang terbaik di PON 2024,” kata Edy Rahmayadi.

Wang Ruijun mengatakan, pihaknya akan terus mempererat hubungan dengan Sumut dan menjaga kerja sama yang telah terbangun selama 20 tahun. Apalagi Sumut dan Guangdong memiliki kemiripan dalam hal sosial, sehingga lebih mudah untuk melakukan kerja sama.

“Letak geografis Sumut sangat strategis. Dekat dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura yang merupakan jalur utama negara-negara barat, China dan Asia Barat. Secara sosial juga mirip karena Guangdong juga multiras. Kita ingin kerja sama ini semakin erat ke depannya,” kata Wung Ruijun.

Hadir pada pertemuan ini, Ketua Harian INTI Pusat Indra Wahidin serta jajaran pemerintah Guangdong. Hadir juga Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis beserta jajarannya dan OPD terkait Pemprov Sumut. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life