Home » PSSI Putuskan Solo Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

PSSI Putuskan Solo Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

by Ale Luna
2 minutes read
PSSI Putuskan Solo Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024/PSSI

ESENSI.TV - SOLO

PSSI putuskan menunjuk Solo sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U23 AFC 2024 pada 4-12 September. PSSI dan Solo dinilai wajib menjaga kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa kesiapan Stadion Manahan yang dinilai FIFA layak mementaskan laga internasional saat inspeksi Maret lalu dan suporter setia klub kota itu, Persis yang juga militan pendukung timnas harus dimaksimalkan agar ajang itu berjalan sukses.

“Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis yang tak cuma banyak, juga pasti siap mendukung Timnas. Jadi tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepakbola Indonesia,” kata Erick dalam keterangannya, dikutip Senin (5/6).

Lantaran itu, Erick berharap perhelatan Kualifikasi Grup K yang berisikan Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipei tak cuma menghasilkan prestasi bagi timnas dengan lolos ke putaran final Piala Asia U23 AFC 2024 di Qatar. Tapi juga harus berdampak positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi, UMKM, merchandise, kesiapan fasilitas, serta budaya menonton yang tertib, nyaman, dan aman.

“Stadion ini salah satu dari 22 gelanggang yang direnovasi pemerintah agar sesuai standar FIFA. Sesuai pula dengan arahan Presiden Jokowi dan juga blue print PSSI untuk menyiapkan stadion berkualitas demi kepentingan laga internasional, nasional dan liga 1 serta liga 2,” ujar Erick.

Baca Juga  Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Arya Sinulingga: Mengubur Impian Anak Muda

“Dengan makin banyak stadion kita yang punya kualifikasi FIFA, maka ajang nasional dan internasional akan lebih mudah digelar. Dampaknya, sektor ekonomi tumbuh, UMKM terlibat, sekaligus muncul budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman,” lanjut dia.

Babak kualifikasi akan berlangsung pada 4-12 September 2023 yang diikuti 45 kesebelasan dan dibagi ke dalam sebelas grup. Sebelas juara grup dan empat runner-up hterbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 AFC 2024 yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Tuan rumah lolos otomatis menggenapi jumlah peserta menjadi 16 tim di putaran final nanti. Piala Asia U-23 AFC 2024 juga menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

“Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya, kita tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar dan suporter timnas akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang,” kata Erick.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life