Home » PVMBG Perluas Radius Aman Gunung Ili Lewotolok

PVMBG Perluas Radius Aman Gunung Ili Lewotolok

by Junita Ariani
1 minutes read
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperluas radius aman Gunung Ili Lewotolok.

ESENSI.TV - BANDUNG

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperluas radius aman Gunung Ili Lewotolok. Dari 1 km menjadi 2 km dari kawah.

Keputusan ini dikeluarkan PVMBG mempertimbangkan hasil dari pemantauan instrumental aktivitas vulkanik terkini Gunung Api Ili Lewotolok yang masih cukup tinggi.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, sampai saat ini erupsi/letusan eksplosif masih tetap berlangsung dan menunjukkan peningkatan.

Jangkauan lontaran lava (pijar) dominan masih di sekitar area kawah dan dapat menjangkau jarak sekitar 500 meter keluar dari kawah.

“Potensi ancaman bahaya dari lontaran lava/material pijar harus tetap diwaspadai. Sampai saat ini diperkirakan masih akan berada di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas Gunung Ili Lewotolok,” kata Hendra di Bandung, Minggu (25/2/2024).

Aktivitas Vulkanik

Hendra mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan instrumental Gunung Ili Lewotolok terkini menunjukkan aktivitas vulkanik masih cukup tinggi. Sehingga harus dilakukan perubahan jarak rekomendasi dalam tingkat aktivitas masih di Level II (Waspada).

Baca Juga  Tiga Kopi Arabika Khas Nusantara Siap "Manjakan" Lidah Delegasi KTT ke-43 ASEAN

“Masyarakat di sekitar G. Ili Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak memasuki. Dan, tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas Gunung Ili Lewotolok,” jelasnya.

Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona juga diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya guguran/longsoran lava dan awan panas.

Ia juga meminta masyarakat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Hal ini untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan Iainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik.

Gunung Ili Lewotolok secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Lembata, Province Nusa Tenggara Timur. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life