Home » Ratusan Mahasiswa Indonesia di Inggris Belajar Konsep Merdeka Belajar

Ratusan Mahasiswa Indonesia di Inggris Belajar Konsep Merdeka Belajar

by Lala Lala
2 minutes read
Merdeka Belajar

ESENSI.TV - LONDON

Sebanyak 150 pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di sejumlah perguruan tinggi di London, mendapat pembelajaran konsep Merdeka Belajar.

Peserta merupakan mahasiswa yang sedang menempuh kuliah jenjang sarjana dan pascasarjana di King’s College London. Juga ada dari Coventry University, London School of Economics, Queen Mary University of London. Kemudian dari University College London, dan sejumlah kampus kelas dunia lain di Inggris serta Irlandia.

“Presentasi tentang Merdeka Belajar ini pada hari Senin lalu saya paparkan di hadapan menteri pendidikan dari seluruh dunia dalam Education World Forum. Dan sekarang saya ingin menyampaikan kepada teman-teman mahasiswa di sini seperti apa terobosan Merdeka Belajar. Yang sedang digerakkan secara masif di tanah air,” ujar Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, di London, Kamis (11/5/2023).

Kegiatan itu merupakan agenda diskusi dengan para mahasiswa Indonesia. Sekaligus memenuhi undangan kegiatan public talk yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK). Bekerja sama dengan PPI London.

Transformasi Holistik Pendidikan Indonesia

Nadiem menjelaskan, transformasi holistik terjadi pada sistem pendidikan Indonesia dengan gerakan Merdeka Belajar. Yaitu perubahan yang meliputi semua aspek dari pendidikan, mulai dari kurikulum, asesmen, pendidikan profesional bagi guru. Hingga pemanfaatan teknologi digital, dan berlaku untuk semua jenjang dari PAUD sampai pendidikan tinggi.

Baca Juga  Menko Perekonomian dan Presiden Hadiri Pembukaan Paviliun Indonesia dan Indonesia – German Business Summit

Ia juga menekankan, kunci utama dari transformasi Merdeka Belajar adalah pemberian keleluasaan dan agensi kepada peserta didik dan pengajar untuk berinovasi.

“Berkat berbagai terobosan Kampus Merdeka, pertukaran pengetahuan lintas negara menjadi semakin cepat. Pasalnya, ada program-program pertukaran mahasiswa, perluasan program beasiswa, dan dukungan untuk riset kolaborasi,” terang dia.

Apresiasi Nadiem pada PPI London dan UK

Lebih jauh, Nadiem menyampaikan apresiasi kepada PPI London dan UK atas penyelenggaraan kegiatan public talk. Kegiatan itu bertempat di Wolfson Theatre, New Academic Building LSE, khususnya karena sesi tersebut sepenuhnya berlangsung dalam bahasa Indonesia.

“Sejak awal kami merancang Merdeka Belajar bukan semata sebagai kebijakan, tetapi sebuah gerakan yang melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, di mana pun berada. Besar harapan saya teman-teman semua di sini punya kesadaran dan semangat untuk terlibat dalam gerakan Merdeka Belajar sebagai bentuk kontribusi bagi Indonesia,” tutup Nadiem.

 

Editor: Raja H. Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life