Home » Tekan Kecelakaan Kerja, Kemnaker Tingkatkan Kompetensi Ahli K3

Tekan Kecelakaan Kerja, Kemnaker Tingkatkan Kompetensi Ahli K3

by Junita Ariani
1 minutes read
Kemnaker menggelar acara Peningkatan Kompetensi Ahli K3 Tahun 2023. foto: ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meningkatkan kompetensi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hal ini guna menekan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta menjaga dan mendorong produktivitas usaha.

Dirjen Binwasnaker dan K3, Kemnaker, Haiyani Rumondang, mengatakan keberadaan, posisi, dan peran Ahli K3 sangat strategis di tempat kerja.

Yakni sebagai tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Kemnaker untuk mengawasi dan memastikan ditaatinya peraturan perundang-undangan bidang K3.

Karenanya, Peningkatan Kompetensi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja sangat penting dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan edukasi. Sehingga para Ahli K3 dapat menambah wawasan tentang Keselamatan dan kesehatan kerja.

Dengan begitu, implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di semua tempat terlaksana dengan baik.

“Dan, pada akhirnya tercapai nihil kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” kata Haiyani di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga  Bantah Tampar Wamentan, Prabowo: Fitnah Jangan Jadi Budaya, Memalukan

Karenanya, melalui kegiatan ini pihaknya akan menyampaikan kebijakan-kebijakan baru dan perkembangan K3 yang dapat dipelajari bersama oleh sesama Ahli K3.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu membuka pintu kolaborasi dan sinergi agar semua stakeholders ikut mendukung peran Kemnaker dalam mendorong percepatan penguatan SDM,” katanya.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada Ahli K3 yang selama ini telah melaksanakan tugas dengan baik. Mengawal pemenuhan syarat-syarat K3 di tempat kerja, melakukan inovasi, dan mencari terobosan baru untuk mengembangkan implementasinya.

“Semoga upaya saudara-saudara dapat terus dilaksanakan. Dapat terus diikuti, dan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kepedulian pekerja tentang keselamatan dan kesehatan kerja,” jelasnya. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life