Home » Tilang Manual Dihentikan Selama Nataru, Sahroni: Kebijakan Bagus!

Tilang Manual Dihentikan Selama Nataru, Sahroni: Kebijakan Bagus!

by Junita Ariani
2 minutes read
Ilustrasi pengaturan lalu lintas. Foto: Polri

ESENSI.TV -

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan untuk menghentikan sementara tilang manual selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Begitupun, Kapolri ingin masyarakat tetap saling menghormati dan memperhatikan masyarakat lain yang menggunakan jalan. Sehingga keselamatan antara pengguna jalan dapat terjaga

Keputusan Kapolri yang menghentikan sementara tilang manual tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

“Kebijakan Pak Kapolri ini bagus. Sementara, tilang manual ditiadakan dulu saat Nataru 2024. Jadi jajaran di bawah bisa fokus pastikan keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran masyarakat dengan pendekatan-pendekatan yang humanis,” katanya di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Meski demikian, Sahroni mewanti-wanti para jajaran yang bertugas saat akhir tahun 2024, agar tetap tegas dalam menegur masyarakat yang membahayakan dalam berkendara.

“Kalau ada masyarakat yang membahayakan dalam berkendara, tetap wajib ditegur keras,” ucapnya menegaskan.

Sahroni khawatir terdapat segelintir masyarakat yang memanfaatkan situasi ini untuk hal-hal yang membahayakan. Jika itu terjadi, tentunya hal tersebut akan sangat membahayakan diri pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga  Siap Diedarkan di 34 Provinsi, Obat Covid-19 Sudah Tersedia di Indonesia

Sikap Tegas Polri

Meskipun demikian, Sahroni turut mengimbau kepada seluruh jajaran Polri agar tetap mengedepankan dua sikap, yaitu tegas dan humanis.

“Poin utamanya adalah, tidak ada tilang manual bukan berarti jadi lembek di jalan. Karena khawatir, banyak masyarakat yang malah jadi semena-mena dan kebablasan. Tidak pakai alat pengaman berkendara, kapasitas beban melebihi batas dan ugal-ugalan. Kalau begitu kan nanti malah membahayakan banyak orang,” jelasnya.

Sahroni turut mengimbau kepada seluruh jajaran Polri agar mengedepankan dua sikap, yaitu tegas dan humanis. Sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat saat Natal dan Tahun Baru 2024 bisa maksimal.

“Dua sikap yang penting bagi jajaran di lapangan, tegas dan humanis. Berikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat dan tegas dalam menegur yang menyalahi aturan,” pesan Sahroni.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/12/2023), mengatakan tilang manual bakal ditiadakan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life