Home » Wacana Penahanan Napi Korupsi di Nusakambangan, Ini Kata Wapres

Wacana Penahanan Napi Korupsi di Nusakambangan, Ini Kata Wapres

by Ale Luna
1 minutes read
Wacana Penahanan Napi Korupsi di Nusakambangan, Ini Kata Wapres/Setwapres

ESENSI.TV - JAKARTA

Wacana penahanan napi kasus korupsi di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, menuai respons Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Dia  memberikan pandangannya terkait efek jera yang bisa ditimbulkan dari perbaikan sistem hukum.

“Saya kira bisa dibicarakan, apa memang membuat jera itu satu-satunya cara dengan ke Nusakambangan atau mungkin sistem hukumnya sendiri,” kata Wapres dalam keterangan resminya, Minggu (14/5).

Meski tampak menyetujui efek jera yang dimaksudkan dalam pemindahan rumah tahanan kasus korupsi, menurut Wapres, perlu ada pembahasan lebih lanjut mengenai wacana ini, termasuk mengenai pelaksanaan sistem hukum saat ini.

“Hukumannya sudah betul tapi pelaksanaannya kurang betul, seperti tadi Anda bilang, ada tempat-tempat penahanan yang tidak sebagaimana mestinya, misalnya. Mungkin aspek itu yang menjadi masalah. Jadi saya pikir bisa dibicarakan,” ujar Wapres.

Baca Juga  Wapres Lakukan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

“Kalau memang alternatifnya hanya Nusakambangan untuk membuat jera itu [silakan saja], tapi kalau ada opsi lain, itu perlu dibicarakan. Supaya lebih obyektif apa yang ingin kita capai. Intinya untuk membuat jera,” sambungnya.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Nurul Ghufron tiga hari lalu mengatakan, wacana KPK menempatkan narapidana korupsi di Nusakambangan membuat orang lebih takut melakukan korupsi dan dapat menimbulkan efek jera. Wacana ini berdasarkan kajian dari internal KPK, dan masih akan dikaji lebih mendalam.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life