Home » Wapres Minta Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Tidur Terus Dilakukan

Wapres Minta Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Tidur Terus Dilakukan

by Junita Ariani
2 minutes read
Wapres KH Ma’ruf Amin pada kegiatan tanam serentak di seluruh wilayah Indonesia yang berpusat di Taman Pancasila, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023).

ESENSI.TV - BEKASI

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meminta agar optimalisasi pemanfaatan lahan tidur yang tidak diusahakan terus dilakukan. Khususnya untuk menjadi lahan usaha tani yang produktif.

“Saya minta tidak ada lagi lahan tidur. Karena itu diperlukan optimasi lahan tidur sehingga menjadi lahan usaha tani yang produktif,” kata Wapres dalam keterangannya dikutip, Kamis (2/11/2023).

Sebelumnya, Wapres meninjau kegiatan tanam serentak di seluruh wilayah Indonesia yang berpusat di Taman Pancasila, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2023). Kegiatan tersebut bertajuk “Ketahanan Pangan untuk Indonesia Maju”.

Wapres mengingatkan agar optimasi lahan dilakukan dengan memperhatikan legalitas lahan yang jelas dan tidak dalam sengketa.

“TNI dan pemerintah daerah agar dapat memastikan legalitas lahan agar konflik dengan masyarakat sekitar dapat dihindari,” instruksinya.

Ia juga mengharapkan agar pemerintah daerah dan masyarakat terus meningkatkan potensi sumber pangan lokal. Khususnya peningkatan produksi bahan pangan dari sumber protein hewani dan nabati.

“Kenalkan diversifikasi makanan pokok non beras di daerah masing-masing yang memiliki nilai gizi setara dengan beras. Seperti sagu, umbi-umbian, jagung, dan lainnya,” urainya.

Peran TNI Harus Diperkuat

Wakil Presiden juga mengatakan, peran TNI dalam kerja sama ketahanan pangan juga harus diperkuat, khususnya dalam optimalisasi aset.

Baca Juga  Pemprov Sumut dan LPSK Kerja Sama Pembiayaan Layanan Kesehatan Korban TPSK

Kemudian untuk peningkatan produktivitas pangan strategis, pengembangan komoditas pangan alternatif, peningkatan serapan pangan.

Begitu juga pengamanan sumber dan jalur distribusi sebagai efek tangkal bagi kemungkinan kegiatan eksplorasi ilegal yang dapat merugikan negara.

Terakhir, ia menegaskan bahwa upaya dan kolaborasi seluruh pihak sangat diperlukan. Terutama memastikan terbangunnya sinergi untuk menciptakan ekosistem pangan yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Sebagai solusi pemenuhan cadangan beras pemerintah (CBP) melalui penerapan teknologi produksi padi.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan nasional, TNI berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian.

Kedua lembaga tersebut menyelenggarakan kegiatan tanam serentak di 460 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kegiata tersebut dipusatkan di Taman Pancasila, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Taman Pancasila merupakan kawasan terpadu yang dikelola oleh Korem 051 Wijayakarta. Difungsikan sebagai wahana edukasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budi daya pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan.

Di samping itu juga sebagai pengembangan UMKM secara terpadu di lahan seluas 43 hektare. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life