Home » Wapres Paparkan Strategi Genjot Realisasi Investasi

Wapres Paparkan Strategi Genjot Realisasi Investasi

by Junita Ariani
1 minutes read
Wapres KH Ma’ruf Amin saat menghadiri penyerahan Anugerah Layanan Investasi 2023, di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (8/11/2023).

ESENSI.TV - JAKARTA

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengatakan, investasi menjadi instrumen vital bagi perekonomian Indonesia. Terlebih di tengah dinamika global yang kian menantang.

Keberadaannya tidak hanya menopang pembangunan berkelanjutan di negara ini, tetapi juga memberikan nilai tambah, meningkatkan daya saing bangsa.

Karena itu, kata Wapres, diperlukan langkah-langkah strategi untuk menggenjot realisasi investasi.

Pertama, peningkatan realisasi investasi menjadi salah satu tema utama dalam reformasi birokrasi. Untuk itu, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus semakin fokus dalam melakukan perbaikan iklim investasi.

“Dan, itu harus dibarengi dengan perbaikan tata kelola dan reformasi birokrasi,” tegas Wapres.

Wapres mengatakan itu saat menghadiri penyerahan Anugerah Layanan Investasi 2023, di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Menurutnya, aspek utama tata kelola yang harus diperkuat mencakup perencanaan dan penganggaran. Begitu juga dengan, proses bisnis, sumber daya manusia, teknologi informasi, serta inovasi dan pengawasan.

Strategi kedua, sebut Wapres, pastikan bahwa investasi tidak hanya menguntungkan dari sisi ekonomi. Tetapi juga maslahat bagi isu-isu sosial, kebudayaan, dan kelestarian lingkungan.

Baca Juga  Stok Bahan Pokok Diklaim Aman Jelang Puasa

“Masyarakat mesti merasakan manfaat dari investasi. Antara lain, melalui pelibatan tenaga kerja lokal, pemberdayaan UMKM, melakukan transfer pengetahuan dan teknologi. Selanjutnya, harmonis dengan lingkungan dan bumi,” terangnya.

Ketiga, Wapres meminta peluang investasi pada sektor industri halal agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan perlu ditindaklanjuti.

Ia menilai, sektor ini potensial untuk digarap karena nilai konsumsi produk halal dunia cukup besar.

“Termasuk dorongan bagi pengembangan kawasan industri halal menjadi kawasan ekonomi khusus halal,” katanya.

Keempat atau terakhir, Wapres juga menekankan pentingnya menggali berbagai sektor potensial lain di tiap-tiap daerah.

“Ini akan membawa efek berganda bagi perekonomian daerah dan mewujudkan pemerataan ekonomi di seluruh tanah air,” ujar Wakil Presiden meyakinkan.

Wapres pun mengapresiasi komitmen dan kontribusi para penerima Anugerah Layanan Investasi 2023 dalam mendorong perbaikan layanan investasi di Indonesia. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life