Home » Zul Zivilia Bakal Diperiksa Terkait Buronan Narkoba Fredy Pratama

Zul Zivilia Bakal Diperiksa Terkait Buronan Narkoba Fredy Pratama

by Ale Luna
1 minutes read
Zul Zivilia Bakal Diperiksa Terkait Buronan Narkoba Fredy Pratama/Humas Polri

Polri akan melakukan pemeriksaan terhadap Zulkifli alias Zul Zivilia terkait gembong narkoba yang kini jadi buronan Polri, Fredy Pratama.

‘Iya, akan kami periksa dalam waktu dekat. Nanti lah, kita koordinasi dengan lapas ya,” ujar Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mukti Juharsa dalam keterangannya, dilansir laman www.humas.polri.go.id, Selasa (3/10).

Zul ditangkap bersama bandar narkoba bernama Rian pada 2019 lalu. Saat ini ia tengah menjalani hukuman 18 tahun penjara di Rutan Salemba, Jakarta.

Dari pengakuan Zul dan Rian terungkap bahwa mereka merupakan kaki tangan bandar narkoba besar dengan julukan Casanova. Belakangan diketahui bahwa Casanova merupakan nama samaran Fredy Pratama.

“Kaitannya dengan bandar namanya Rian, beli barang Fredy Pratama. Dulu si Zul beli dari si Rian. Rian itu termasuk dalam pembelian jaringan Fredy Pratama Casanova, makanya kita mau BAP dulu,” ujar Mukti.

Bareskrim Polri membongkar sindikat Fredy Pratama yang telah beroperasi sejak 2009. Namanya terkuak setelah Polri bersama Polis Diraja Malaysia (PDRM), Royal Malaysian Customs Department, Royal Thai Police, Badan Narkotika Amerika Serikat (US-DEA) dan beberapa instansi terkait menggelar operasi gabungan dengan sandi Escobar.

Baca Juga  Wah... Mengerikan! Transaksi TPPU Narkotika Capai Rp10,5 T

Sebelumnya, Polri juga menangkap tiga orang WNI jaringan buronan narkoba Fredy Pratama di Thailand. Sementara gembong narkoba terbesar di Indonesia, Fredy Pratama, masih diburu.

“Kami sudah tangkap tiga (orang diduga jaringan Fredy Pratama) dengan bantuan polisi Thailand,” kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri Irjen Krishna Murti dalam keterangannya belum lama ini.

Krishna mengatakan tiga orang yang diduga anak buah Fredy Pratama itu ditangkap beberapa pekan lalu. Di sisi lain, Polri masih melacak keberadaan Fredy Pratama bekerja sama dengan Kepolisian Thailand.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life