Home » 4 Truk Tambang Pasir Dihantam Banjir Lahar Semeru

4 Truk Tambang Pasir Dihantam Banjir Lahar Semeru

by fara dama
1 minutes read
Lokasi banjir bandang lahar dingin di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto: Pemkab Lumajang

ESENSI.TV - JAKARTA

Empat truk tambang pasir di Lumajang, Jawa Timur, tertahan akibat dihantam banjir lahar hujan Gunung Semeru. Dua truk diantaranya terguling akibat derasnya aliran banjir lahar.

Kejadian ini terjadi saat mobil hendak menyusuri jalur aliran Sungai Leprak pada Minggu (3/3/2024) sore. Beruntungnya, keempat sopir truk berhasil keluar dari kabin dan menyelamatkan diri.

Kronologinya adalah saat keempat truk ini hendak menyeberangi jalur aliran lahar setelah mengangkut pasir. Akan tetapi, antrean truk yang panjang menyebabkan empat truk terakhir terjebak banjir yang diakibatkan hujan deras.

Baca Juga  Kemanag Rilis Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Daerah Melayu Jambi

Lahar dari gunung Semeru terus mengalir hingga empat truk terjebak, dan tidak bisa bergerak. Truk yang lain yang berada di depan empat truk itu berhasil keluar dari lintasan.

Banjir Lahar

Peristiwa banjir lahar Gunung Semeru terjadi setelah puncak gunung diguyur hujan intensitas tinggi. Banjir juga menerjang beberapa sungai aliran lahar mulai dari Besuk Kobokan hingga Besuk Sat.

Material banjir lahar berupa pasir dan bebatuan melanda empat truk di Sungai Leprak, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro.

Editor: Raja Napitupulu

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life