Home » Kunjungan Wisatawan Diprediksi Meningkat Jelang Idul Fitri

Kunjungan Wisatawan Diprediksi Meningkat Jelang Idul Fitri

by Ale Luna
1 minutes read
Kunjungan wisman Januari hingga Mei 2023 naik 312,91% (yoy). Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Kunjungan wisatawan di hotel diprediksi meningkat pada minggu keempat Ramadhan atau jelang Hari Raya Idul Fitri, Hal itu diungkap Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Kalau bicara soal wisatawan atau kunjungan di bulan puasa nanti, sebetulnya kan relatif ya. Kalau bicara domestik, tentu pergerakan domestik itu umumnya dari tahun ke tahun di bulan puasa itu tidak terlalu besar,” kata Sekretaris Jendral Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran, dikutip Antara, Rabu (1/3).

Lebih lanjut Maulana mengatakan, tren pergerakan masyarakat terjadi pada akhir Ramadhan, sedangkan pada awal bulan puasa aktivitas mereka biasanya normal, lalu menurun pada pertengahan atau minggu kedua dan ketiga, dan meningkat di akhir Ramadhan.

Adapun tahun ini merupakan momen pertama bulan suci Ramadhan yang berlangsung setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berkaca dari hal itu, Maulana pun menyampaikan bahwa pihaknya optimistis terhadap jumlah kunjungan wisatawan di tahun ini. Sebab di tahun 2022 lalu, antusiasme masyarakat di akhir Ramadhan menjelang Lebaran sudah meningkat.

Baca Juga  Tembok Besar China: Monumen Keajaiban Sejarah

“Kami pasti optimistis ya. Karena kita lihat di tahun 2022, walaupun PPKM belum dicabut, namun pada saat itu pergerakan juga sudah dilonggarkan ya. Kita lihat antusiasme masyarakat juga cukup besar pada saat itu pergerakannya,” ujar Maulana.

Meski demikian, Maulana menjelaskan bahwa belum ada target pasti jumlah kunjungan di momen bulan suci Ramadhan hingga lebaran tahun ini. Namun, pihaknya berharap jumlah tersebut setidaknya sama dengan momen menjelang lebaran di tahun 2022.

“Apalagi cuti bersama di tahun lalu itu sekitar 10 hari. Tahun ini kita punya 4 hari kalau nggak salah. Kita harapkan pergerakannya tumbuh paling tidak sama seperti tahun lalu,” kata Maulana.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life