Home » Bapanas: Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Jayapura 5,3 Ton

Bapanas: Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Jayapura 5,3 Ton

by Junita Ariani
1 minutes read
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi meninjau langsung Gudang Argapura Perum Bulog di Jayapura, Papua, Rabu (22/11/2023).

ESENSI.TV - JAYAPURA

Kepala Bapanas (Badan Pangan Nasional) Arief Prasetyo Adi meninjau langsung Gudang Argapura Perum Bulog di Jayapura, Papua, Rabu (22/11/2023). Peninjauan ini dalam rangkaian kegiatan menuju ke Biak Numfor.

Kepala Bapanas mengapresiasi manajemen Bulog di Papua yang telah melaksanakan tata kelola Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

“Kita lihat langsung Bulog Jayapura sudah cukup baik dalam mengatur dan mengelola CBP. Sesuai perintah Bapak Presiden Joko Widodo agar CBP digelontorkan untuk masyarakat. Baik melalui bantuan pangan beras maupun operasi pasar. Kita pastikan masyarakat di Papua juga turut merasakan manfaat kebijakan tersebut,” sebut Arief.

Menurutnya, gambaran kondisi stok yang dikelola Bulog Jayapura sesuai pantauan Bapanas memiliki CBP sejumlah 5,3 ton.

Jumlah itu masih akan ditambah rencana stok masuk sejumlah 3 ton. Sementara stok pangan komersial yang masih tersimpan dengan baik berupa beras 773.579 kg, gula 126.893 kg, dan minyak goreng 127.947 kilo liter.

Baca Juga  BULOG dan Badan Karantina Jamin Semua Beras Impor Aman

Berdasarkan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Provinsi Papua 2022, jumlah desa rentan rawan pangan di Papua ada sebanyak 503 dari 576 distrik/kecamatan (87,32%).

Sementara itu, Indeks Ketahanan Pangan (IKP) Provinsi Papua di 2022 adalah 37,80. Ini meningkat dibandingkan 2021 yang memperoleh indeks 35,48.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi selanjutnya akan bertolak ke Kabupaten Biak Numfor untuk mendampingi Presiden Joko Widodo memantau penyaluran bantuan pangan beras tahap kedua.

Esoknya, Kamis (23/11/2023), Kepala Bapanas akan melanjutkan kunjungan kerjanya menuju ke Kota Timika sebelum kembali ke Jakarta. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life