Home » Ini 4 Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Wajib Kamu Beli

Ini 4 Alasan Mengapa Asuransi Jiwa Wajib Kamu Beli

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi asuransi jiwa. Foto: New York LIfe

Alasan membeli asuransi jiwa berbeda-beda bagi setiap orang. Namun keputusan untuk membeli asuransi, pada intinya, adalah tentang memberikan keamanan finansial bagi diri sendiri dan orang-orang yang kamu sayangi.

Membeli asuransi jiwa melindungi pasangan dan anak-anak kamu dari potensi kerugian finansial yang dapat terjadi jika sesuatu terjadi di kemudian hari.

Ini memberikan keamanan finansial, membantu melunasi hutang, membantu membayar biaya hidup, dan membantu membayar biaya pengobatan atau biaya akhir.

Polis asuransi jiwa dapat memberikan sejumlah uang tertentu saat kamu membutuhkannya. Setelah kamu meninggal, keluarga kamu akan segera menerima pembayaran polis kamu.

Dan tunjangan kematian tersebut umumnya tidak dikenakan pajak pendapatan federal. Misalnya, polis senilai USD500.000 memberikan hasil manfaat kematian senilai USD500.000 langsung ke penerima manfaat kamu atau ahli waris kamu.

Proses Pembelian Asuransi

Sebelum membeli asuranai, tentukan tujuan kamu. Tentukan berapa banyak asuransi yang kamu perlukan untuk mencapai tujuanmu dari waktu ke waktu, dan tentukan berapa yang mampu kamu bayarkan.

Pelajari jenis asuransi apa yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan.

Setelah mempertimbangkan pembayaran premi awal, kemungkinan kenaikan premi dari waktu ke waktu, tambahan manfaat kematian,1 dan manfaat hidup2 yang dapat digunakan sebelum kamu meninggal, pilihlah jenis polis asuransi (atau kombinasi jenisnya) yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Ingat, bekerja sama dengan profesional keuangan dapat membantu mempermudah seluruh proses ini.

Seorang profesional keuangan dapat membantu menjelaskan perbedaan antara jenis polis, membantu kamu menghitung jumlah yang kamu butuhkan, dan memberikan opsi potensial yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah, apa sih keuntungan memiliki asuransi jiwa. Ini dia 4 alasan mengapa kamu harus membeli asuransi jiwa, seperti dilansir dari New York Life, Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga  Mendag Anugerahkan Penghargaan Perlindungan Konsumen 2023

1. Perlindungan terjamin

Jika kamu memiliki keluarga, bisnis, atau orang lain yang bergantung pada kamu, manfaat asuransi jiwa dari polis seumur hidup bertindak sebagai jaring pengaman finansial.

Ketika kamu meninggal, penerima manfaat atau ahli waris akan menerima pembayaran sekaligus yang dijamin akan dibayar penuh (asalkan seluruh premi telah dibayar dan tidak ada pinjaman yang belum dibayar).

Ini adalah perlindungan penting yang dapat kamu andalkan untuk selalu mendampingi orang yang kamu sayangi saat dibutuhkan.

2. Penggantian pendapatan

Bayangkan apa jadinya keluarga kamu jika penghasilan yang kamu berikan tiba-tiba hilang. Dengan asuransi seumur hidup, kamu dapat membantu memastikan bahwa orang yang kamu cintai memiliki uang yang mereka perlukan.

Misalnya untuk membayar hipotek, membiayai penitipan anak, perawatan kesehatan, atau layanan lainnya.

Menanggung biaya kuliah atau biaya kuliah lainnya, membayar hutang rumah tangga, serta mempertahankan bisnis keluarga.

3. Jaminan pertumbuhan nilai tunai

Saat kamu membayar premi asuransi, kamu juga membangun nilai tunai yang dijamin akan tumbuh. Jaminan ini dapat membantu memenuhi berbagai tujuan keuangan.

Sepertai tambahan pendapatan pensiun, mendanai pendidikan anak atau cucu, lunasi hipotek, lindungi aset yang ada dan tetapkan dana darurat.

4. Potensi dividen

Salah satu keuntungan membeli asuransi seumur hidup ada beberapa perusahaan yang memberikan hak dividen kepada para nasabahnya, contohnya New York Life.

Meskipun tidak dijamin, ketika dividen diberikan, kamu dapat mengambilnya secara tunai, menggunakannya untuk mengimbangi premi kamu.

Dana tersebut dapat kamu gunakan untuk membeli asuransi tambahan berbayar yang meningkatkan cakupan dan nilai tunai. Gunakan dana tersebut untuk mengimbangi premi kamu atau ambil secara tunai.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beriterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life