Home » Kementerian ESDM Susun Road Map Budaya Keselamatan Migas, Ditargetkan Rampung 2023

Kementerian ESDM Susun Road Map Budaya Keselamatan Migas, Ditargetkan Rampung 2023

by Junita Ariani
2 minutes read

ESENSI.TV -

Kementerian ESDM melalui Direktorat Minyak dan Gas Bumi (Migas) menyusun Road Map Budaya Keselamatan Migas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan budaya keselamatan pada kegiatan usaha migas,

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas, Mirza Mahendra mengatakan pemerintah berkomitmen mewujudkan Keselamatan Migas.

Antara lain dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta bekerja sama dengan badan usaha dalam membudayakan Keselamatan Migas.

“Selain itu, menyusun peraturan, SNI/SKKNI, Audit SMKM, inspeksi atau pemeriksanaan keselamatan. Juga, menyusun Road Map Budaya Keselamatan Migas,” kata Mirza, dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (13/5/2023).

Kegiatan ini kata dia, merupakan implementasi program kerja Direktorat Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM. Serta Tim Independen Pengendalian Keselamatan Migas (TIPKM).

Menurut Mirza, Keselamatan Migas mutlak menjadi budaya setiap perusahaan migas yang beroperasi di Indonesia.

Di mana beberapa kecelakaan dalam kegiatan migas yang menyebabkan fatality beberapa waktu terakhir ini, menunjukkan bahwa budaya keselamatan belum terbangun dengan baik.

“Sebagai pembina dan pengawas Keselamatan Migas, kami berupaya untuk terus membudayakan Keselamatan Migas. Melalui penyusunan Road Map Budaya Keselamatan Migas ini, diharapkan dapat menjadi peta jalan atau acuan bagi perusahaan migas dalam menjaga Keselamatan Migas,” lanjut Mirza.

Road Map Diharapkan Rampung 2023

Sebelumnya, Kementerian ESDM melakukan Penyusunan Road Map Budaya Keselamatan Migas, Kamis (11/5/2023), di Jakarta.

Baca Juga  Gelombang Panas Tahun 2023 Cetak Rekor Tertinggi, Ini Dampak dan Cara Mengatasinya!

Ketua Tim Independen Pengendalian Keselamatan Migas (TIPKM) Waluyo, mendukung upaya Pemerintah meningkatkan Keselamatan Migas.

“Menjadikan Keselamatan Migas sebagai budaya merupakan salah satu tantangan dalam kegiatan usaha migas. TIPKM mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah untuk mewujudkan budaya Keselamatan Migas,” kata Waluyo.

Dikatakannya, tim penyusun Road Map saat ini telah menyusun kerangka seperti definisi budaya Keselamatan Migas. Klasifikasi tingkat keberhasilan/maturity budaya Keselamatan Migas, eleman atau faktor yang mempengaruhi.

Kemudian tools untuk mengukur tingkat maturity, potret kondisi saat ini, timeline pelaksanaan dan pencapaiannya, serta kompetensi penilai tingkat maturity.

Road map ini diharapkan rampung tahun 2023 dan mulai dilaksanakan tahun 2024. Ditargetkan pada tahun 2026 dapat dicapai target 100% minimal maturity level 3.

Tahun 2028 ditargetkan 75% minimal maturity level 4 dan 75% minimal maturity level 5 pada tahun 2030.

Sebagaimana diketahui, Keselamatan Migas terdiri dari keselamatan lingkungan, keselamatan instalasi, keselamatan pekerja dan keselamatan umum.

Indikator terjaganya budaya Keselamatan Migas, antara lain tidak adanya pencemaran lingkungan, tidak terjadinya kerusakan instalasi. Tidak adanya kecelakaan kerja dan tidak terjadinya kerugian masyarakat. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life