Home » Konsumsi 4 Makanan Ini Buat Anak Tumbuh Lebih Tinggi

Konsumsi 4 Makanan Ini Buat Anak Tumbuh Lebih Tinggi

by Raja H. Napitupulu
2 minutes read
Ilustrasi Stunting

ESENSI.TV - JAMBI

Tumbuh tinggi adalah salah satu hal yang di idamkan orang tua untuk anak mereka, sehingga segala macam nutrisi di penuhi dengan baik.

Pertumbuhan tinggi badan di pengaruhi banyak faktor. Namun, pertumbuhan ini tidak terjadi sepanjang hidup, maka dari itu, kamu sebagai orang tua perlu memaksimalkan pertumbuhan anakmu sejak mereka ada di usia emasnya, atau 0-6 tahun.

Gimana sih caranya? Nah, untuk memaksimalkan pertumbuhan si kecil, kamu harus tau nutrisi yang baik secara optimal untuk mereka.

Nutrisi umunya berasal dari makanan yang mereka konsumsi, jika asupan nutrisi seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral terpenuhi, maka bisa di pastikan pertumbuhan si kecil juga akan terpenuhi.

Lantas, apa daja makanan yang dapat menjadi sumber makanan penambah tinggi si kecil? Yuk simak ini dia 4 makanan yang dapat menambah tinggi badan anakmu dilansir dari laman halodoc.

1. Telur

Seperti yang kamu tahu, telur memiliki sumber protein yang tinggi, jika di konsumsi secara rutin, makanan ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak dan meningkatkan tinggi badannya.

Dalam sebuah jurnal yang di publikasikan oleh pediatrics pada Desember 2015, yang melaporkan bahwa bayi yang di beri makan satu butir telur setiap hari selama 6 bulan mengalami penurunan risiko stunting disbanding bayi yang tidak diberi telur setiap hari.

Baca Juga  Trik Memasak Makanan Cepat Saji yang Lezat dan Lebih Sehat

2. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung nutrisi penting yang mengoptimalkan tinggi badan saat masa pertumbuhan si kecil.

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan mereka, ibu harus memperbanyak asupan buah dan sayur untuk anakmu.

Adapun buah dan sayur yang dapat kamu berikan seperti wortel, jeruk, labu, brokoli, kubis, ubi jalar, bayam, atau tomat.

3. Daging

Sumber kalsium, vitamin D, dan mineral dari daging merupakan hal penting untuk memaksimalkan pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan olahan daging sebagai menu harian si kecil, daging disini termasung daging ikan dan ungags ya, moms.

4. Susu dan Produk Olahan Susu

Dalam studi jurnal American Journal of Human Biology membuktikan adanya hubungan antara konsumsi susu dengan tinggi badan seseorang.

Studi tersebut melaporkan bahwa tinggi badan orang dewasa berhubungan positif dengan konsumsi susunya di usia 5-12 tahun dan 13-17 tahun. Hal tersebut karena susu dan produk olahannya mengandung kalsium, vitamin D, dan senyawa bioaktif Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang berperan penting dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Nah, itu dia 4 jenis makanan yang dapat kamu berikan untuk si kecil agar tumbuh tinggi dan optimal.

Penulis: Rheyna Leony
Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral
#beritaterkini

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life