Home » Prabowo Paparkan Strategi Perkuat Pertanian Tanaman Pangan Nasional

Prabowo Paparkan Strategi Perkuat Pertanian Tanaman Pangan Nasional

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Capres 2024 Prabowo Subianto. Foto: Ist

ESENSI.TV - JAKARTA

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memaparkan sejumlah strategi komprehensif untuk memperkuat sektor pertanian khususnya tanaman pangan di Indonesia.

Strategi ini sudah dimasukkan dalam visi, misi dan program kerja Prabowo-Gibran jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2025-2029.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Rosan Roeslani mengatakan berbagai strategi telah disusun tim Prabowo-Gibran untuk memperkuat pertanian tanaman pangan.

“Antara lain, menjadikan agenda reformasi agraria dalam rangka memberikan kepastian kepemilikan lahan pada petani,” jelas Rosal, dalam keterangannya menjelaskan visi, misi dan program Prabowo-Gibran 2024-2029, Kamis (7/12/2023).

Srategi lainnya, ujarnya, menjalankan agenda Reformasi Agraria untuk memperbaiki kesejahteraan petani dalam arti luas sekaligus mendukung peningkatan produksi di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kelautan dan kehutanan.

“Menjamin ketersediaan dan akses pupuk bagi petani untuk meningkatkan produksi, produktivitas panen dan hasil pertanian, serta pendapatan dan kesejahteraan petani”.

“Memperkuat industri pupuk dalam negeri dan mempercepat pengembangan industri pupuk bio. Mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian,” sambung Rosan.

Dia mengatakan kebijakan yang tidak kalah pentingnya adalah menjamin ketersediaan pangan pokok yang berkelanjutan melalui BUMN holding pangan ID FOOD, menjamin harga pangan yang menguntungkan petani, peternak dan nelayan, sekaligus terjangkau bagi konsumen.

Baca Juga  Prabowo Serahkan Bantuan Benih Buah-buahan Kepada Petani di Blora

Sederhanakan Rantai Distribusi Hasil Pertanian

Kemudian, menyederhanakan rantai distribusi hasil-hasil pertanian dan perikanan dengan pemanfaatan teknologi terkini.

Prabowo-Gibran, paparnya, juga akan meningkatkan produktivitas pertanian melalui peningkatan sarana prasarana pendukung pertanian rakyat, teknologi pangan terpadu, mekanisasi pertanian, inovasi digital (digital farming), memperbaiki tata kelola dan rantai nilai hasil pertanian.

Kebijakan lain adalah menjadikan pengendalian hama terpadu (PHT) sebagai kebijakan utama dalam pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), serta mendorong pemanfaatan pestisida nabati dan bio.

Selanjutnya, mengutamakan produksi pangan pokok dalam negeri dan mengendalikan impor untuk menjaga stabilitas dan kepastian harga di tingkat petani, terutama di saat panen raya.

Tidak hanya itu, paparnya, program-program di BUMN, universitas, dan lembaga penelitian di bidang pemuliaan tanaman dan teknologi benih akan diperkuat.

“Prabowo-Gibran akan merevitalisasi lahan rusak menjadi lahan produktif untuk mendukung kemandirian dan ketahanan pangan nasional,” lanjutnya.

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life