Home » Sri Mulyani Beri Edukasi Keuangan Negara dalam Kemenkeu Mengajar

Sri Mulyani Beri Edukasi Keuangan Negara dalam Kemenkeu Mengajar

by Junita Ariani
1 minutes read
Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengikuti kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMA 3 Semarang, Senin (23/10/2023).

ESENSI.TV - SEMARANG

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengikuti kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMA 3 Semarang, Senin (23/10/2023).

Kemenkeu Mengajar ini bertujuan meningkatkan pemahaman generasi muda mengenai pengelolaan keuangan negara.

Menurut Sri Mulyani, pengelolaan keuangan negara merupakan tugas yang sangat penting dan harus dilakukan secara transparan, akuntabel, dan bertanggung jawab. Karena dikumpulkan dari uang seluruh rakyat Indonesia.

Baik dalam memperolehnya serta penggunaan uang negara diatur negara. Diatur seluruh rakyat INdonesia melalui parlemen, DPR yang mewakili. Dan, ditentukan dalam Undang-undang.

“Uang negara itu berarti cara memperolehnya tidak boleh sembarangan, harus ada landasannya. Uang negara dari mulai pendapatan atau perolehannya hingga kita menggunakannya. Dan, kemudian mempertanggungjawabkannya. Semuanya diatur oleh negara,” jelasnya.

Menkeu juga mengingatkan kepada generasi muda, khususnya siswa SMA 3 Semarang, untuk mempersiapkan diri sebagai generasi penerus.

Yang akan melanjutkan estafet mengelola keuangan negara untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

“Semoga di dalam interaksi ini, kalian punya ide mengenai bagaimana mengurus Indonesia melalui keuangan negara. Kalianlah yang nanti akan menjadi estafet selanjutnya,” kata Sri Mulyani.

Baca Juga  Menaker Jelaskan Manfaat Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia

Ia berharap ini akan menjadi salah satu momen bagi generasi muda untuk terus belajar, meningkatkan diri, menjadi anak-anak yang terbaik.

“Menjadi orang-orang yang memiliki ilmu, keimanan, religius, inklusif. Menjaga Indonesia sebagai sebuah negara yang bhineka namun tetap bersatu,” kata Menkeu.

Dijelaskannya, kegiatan Kemenkeu Mengajar telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan tahun ini merupakan penyelenggaran kedelapan kalinya.

Pada tahun 2023, sebanyak 6.956 jajaran Kemenkeu yang berpartisipasi menjadi relawan Kemenkeu Mengajar yang tersebar di 307 sekolah. Mulai dari SD, SMP, SMA, SLB, hingga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Kemenkeu Mengajar memberikan edukasi mengenai dasar-dasar literasi keuangan, peran Kemenkeu dalam menjaga perekonomian negara. Manfaat APBN, serta memperkenalkan berbagai profesi di Kementerian Keuangan dengan harapan agar kegiatan “Satu Hari Mengajar, Selamanya Memberi Arti.” *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life