Home » Sungailiat Triathlon akan Didorong Jadi Event Internasional

Sungailiat Triathlon akan Didorong Jadi Event Internasional

by Ale Luna
2 minutes read
Sungailiat Triathlon akan Didorong Jadi Event Internasional/Kemenparekraf

Sungailiat Triathlon akan didorong menjadi event internasional yang bisa menarik minat wisatawan mancanegara. Hal itu dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/ Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Sungailiat Triathlon yang merupakan agenda tahunan di Kabupaten Bangka telah terbukti sebagai salah satu event sport tourism terbaik di tanah air.

“Luar biasa, Sungailiat Triathlon kembali menancapkan satu prestasi sebagai salah satu event sport tourism terpilih, jadi yang terbaik. Bukan hanya desa wisatanya yang terbaik, tapi juga eventnya,” kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangan resminya, Minggu (14/5).

Sungailiat Triathlon 2023 melombakan tiga kategori, yakni Sprint Open Distance dan Sprint Local Distance dengan jarak renang 750 meter, sepeda 20 km, dan lari sejauh lima kilometer, dan Standar Distance dengan jarak renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km. Kemudian Long Distance dengan jarak renang 1,9 km, sepeda 90 km, lari 20 km

Menparekraf Sandiaga sendiri turun di nomor sprint open distance dan sangat menikmati aktivitas olahraga dengan ragam suguhan alam yang terhampar.

Mulai dari keindahan Pantai Tanjung Pesona saat berenang, kemudian aspal mulus nan berkelok dengan pemandangan pantai dan pagoda saat bersepeda. Tidak hanya di situ, saat berlari Menparekraf Sandiaga juga disambut dengan hangat oleh masyarakat.

“Tidak ada kendala (saat mengikuti triathlon). Saya mengikuti renangnya dan agak berombak sedikit dan itu penuh tantangan. Sepeda dari total 20 kilometer saya menyelesaikan 10 (kilomenter), dan dari larinya 5 kilometer. Menariknya melewati perumahan warga dan disambut warga dengan begitu antusias,” kata Sandiaga.

Baca Juga  Mendag Perkuat Kemitraan dengan Organisasi Lada dan Kelapa Internasional

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Menparekraf Sandiaga tidak ragu menyebut Sungailiat Triathlon sebagai salah satu event sport tourism andalan dan mendorong agar event ini terus dipromosikan sehingga dapat menarik lebih banyak minat wisatawan untuk bertanding sekaligus berlibur.

Sungailiat Triathlon 2023 dikatakan Sandiaga telah masuk dalam program “Sportive 2023” Kemenparekraf dan akan dipromosikan ke berbagai negara pasar wisman.

Adapun Sungailiat Triathlon 2023 sendiri diikuti 250 peserta di mana terdapat 8 peserta dari luar negeri.

“Ini bentuk kolaborasi yang luar biasa dan juga jangan lupa beli produk-produk ekonomi kreatif karena ini membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas pascapandemi dalam transisi ekonomi ekstraktif menuju ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

United Nations World Tourism Organizations (UNWTO) sebelumnya memproyeksi pertumbuhan wisata olahraga di Indonesia yang bisa mencapai Rp18.790 triliun hingga 2024. Wisata olahraga termasuk tren pariwisata yang memiliki pasar cukup besar.

“Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat kita. Mudah-mudahan kita bisa terus berkolaborasi kita bersatu padu bersama percepat pembangunan apalagi menghadapi situasi politik jangan sampai terpecah-belah kita bersatu bergandengan tangan dan kita bangun Indonesia lebih cepat lagi,” ujar Sandiaga.

Informasi lain terkait pariwisata Indonesia bisa akses laman resmi www.kemenparekraf.go.id.*

Email: AleLuna@esensi.tv

Editor: Erna Sari Ulina Girsang

#beritaviral

#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life