Home » 10 Fakta Menarik tentang Dunia Bawah Laut

10 Fakta Menarik tentang Dunia Bawah Laut

by Administrator Esensi
2 minutes read
Photo by Belle Co: https://www.pexels.com/photo/photo-of-a-turtle-swimming-underwater-847393/

Bawah laut adalah suatu dunia yang misterius dan menakjubkan yang mencakup sebagian besar permukaan bumi. Menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa dan pemandangan alam yang spektakuler, dunia bawah laut memiliki faktafakta menarik yang patut untuk dipelajari. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang dunia bawah laut:

Hutan Karang yang Luas

Hutan karang adalah struktur yang terbentuk dari organisme kehidupan laut, terutama karang. Fakta menariknya adalah hutan karang adalah salah satu ekosistem paling produktif dan kaya biodiversitas di dunia bawah laut.

Palung Mariana yang Dalam

Palung Mariana adalah titik terdalam di samudra, mencapai kedalaman sekitar 10.994 meter di bawah permukaan laut. Tempat ini lebih dalam daripada Gunung Everest adalah tinggi.

Bioluminesensi

Beberapa organisme laut memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya sendiri, fenomena ini disebut bioluminesensi. Ini adalah strategi pertahanan dan perburuan yang menakjubkan di dunia bawah laut.

Blue Hole, Lubang Biru

Terletak di Laut Merah, Great Blue Hole adalah gua bawah laut raksasa yang terbentuk ribuan tahun yang lalu. Pemandangan dari atas seperti lubang biru raksasa di tengah laut.

Hidup di Tekanan yang Sangat Tinggi

Manusia tidak dapat bertahan pada tekanan yang ada di kedalaman laut tertentu, tetapi makhluk laut seperti ikan paus dan sperm whale dapat hidup dan berenang bebas bahkan di kedalaman yang mencapai ribuan meter.

Baca Juga  Aogashima: Keajaiban Tersembunyi di Jepang

Migrasi Hewan Laut

Beberapa hewan laut melakukan migrasi yang luar biasa, seperti penyu laut yang melakukan migrasi ratusan mil untuk bertelur, dan ikan salmon yang kembali ke sungai tempat mereka dilahirkan untuk bertelur.

Reef Manta Ray

Manta ray adalah salah satu hewan laut yang paling menakjubkan. Mereka adalah hewan terbesar di dunia yang memiliki tulang rawan, bukan tulang belakang. Manta ray memakan plankton dan dapat memiliki lebar sayap hingga 9 meter.

Rumput Laut dan Produksi Oksigen

Rumput laut, seperti tumbuhan darat, melakukan fotosintesis dan memproduksi sebagian besar oksigen di bumi. Mereka juga berfungsi sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal bagi banyak spesies laut.

Great Barrier Reef, Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Terletak di lepas pantai Queensland, Australia, Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di dunia. Keanekaragaman hayati di sini sangat besar dan merupakan tempat menakjubkan untuk penyelaman.

Krisis Sampah Plastik

Sayangnya, bawah laut juga terancam oleh polusi. Plastik merupakan ancaman serius bagi kehidupan laut, membahayakan hewan laut yang memakan atau terjebak di dalamnya.

Dunia bawah laut adalah tempat yang kaya akan keindahan alam, kehidupan yang beragam, dan fakta menarik yang masih terus diungkap oleh para ilmuwan. Penting bagi kita untuk menjaga dan melindungi keindahan ini agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life