Home » Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus, Commuter Line Yogyakarta Beroperasi 30 Perjalanan Tiap Hari

Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus, Commuter Line Yogyakarta Beroperasi 30 Perjalanan Tiap Hari

by Nazarudin
2 minutes read
Commuter Line Yogyakarta

ESENSI.TV -

KAI Commuter kembali mengoperasikan enam jadwal perjalanan tambahan Commuter Line Yogyakarta-Palur selama masa libur panjang Kenaikan Yesus Kristus 2024.

Selama long weekend empat hari mulai 9-12 Mei, KRL Yogyakarta ini beroperasi sebanyak 30 perjalanan setiap hari.

Corporate Secretary KAI Commute Anne Purba mengatakan, pada periode tersebut, KAI Commuter mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB. Selain juga, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB.

“Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 – 17.50 WIB,” kata Anne dalam siaran pers, Kamis (9/5).

Dia memprediksi total pengguna Commuter Line Yogyakarta pada libur panjang esok sebanyak 93.895 orang atau rata-rata sebanyak 23.474 orang per harinya. KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga memprediksi volume tertinggi selama libur panjang Paskah ini sebanyak 24.768 orang pada Minggu 12 Mei.

Sesuai data tercatat, pada Mei 2024 ini rata-rata pengguna pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 25.871 orang per hari. Sedangkan pada April kemarin rata-rata sebanyak 26.320 orang per hari, dimana volume tertinggi pada hari libur atau akhir pekan menembus angka 41.535 orang yaitu pada Sabtu, 13 April.

Pada hari libur, Stasiun Yogyakarta terpantau sebagai stasiun dengan volume terbanyak. Tercatat pada hari libur atau akhir pekan rata-rata volume di stasiun tersebut sebanyak 10 – 11 ribu orang tiap harinya. Volume tertinggi mencapai 17.390 orang pada Sabtu 13 April 2024, bertepatan dengan masa libur Lebaran 2024.

Baca Juga  Saham Mitra Tirta Buwana Masuk Efek Syariah, Ini Kriterianya

Maka itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau pengguna Commuter Line Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan yang biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.600 – 3.000 pada hari libur.

Di sisi lain, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga meningkatkan layanannya pada long weekend dengan penambahan toilet, perluasan musala, penambahan kanopi, penambahan Pos Kesehatan dan penambahan fasilitas layanan lainnya di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Brambanan dan Stasiun Jenar, Stasiun Purwosari, Stasiun Delanggu, dan Stasiun Palur.

Sedangkan penambahan perjalanan Commuter Line sendiri dilakukan untuk memudahkan para wisatawan menuju destinasi wisata di wilayah Yogyakarta, Solo hingga Karangayar. Mengingat, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata pada saat liburan.

Diharapkan juga pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas.

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life