Home » 10 Fakta Menarik tentang Taman Nasional Yellowstone dan Geiser

10 Fakta Menarik tentang Taman Nasional Yellowstone dan Geiser

by Administrator Esensi
2 minutes read
Photo by Piccinng: https://www.pexels.com/photo/the-grand-prismatic-spring-at-the-yellow-stone-national-park-wyoming-5339020/

Taman Nasional Yellowstone adalah salah satu tujuan wisata alam terkenal di Amerika Serikat. Terletak di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho, taman nasional ini menjadi rumah bagi berbagai keindahan alam, termasuk geiser, fauna, dan alam liar yang menakjubkan. Di antara daya tariknya yang paling ikonik adalah geiser yang menghiasi lanskapnya dengan kemegahan alaminya. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Taman Nasional Yellowstone dan geiser yang memukau:

Taman Nasional Pertama di Dunia

Taman Nasional Yellowstone adalah taman nasional pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1872 oleh Presiden Amerika Serikat, Ulysses S. Grant. Keputusan ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melindungi keindahan alam dan keunikan geiser Yellowstone.

Kepemilikan Tiga Negara

Yellowstone adalah satu-satunya taman nasional di dunia yang berada di tiga negara bagian Amerika Serikat: Wyoming, Montana, dan Idaho. Hal ini mencerminkan besarnya wilayah yang dilindungi oleh taman nasional ini.

Puluhan Ribuan Geiser

Taman Nasional Yellowstone adalah rumah bagi sekitar dua pertiga dari jumlah geiser di dunia. Diperkirakan ada sekitar 10.000 hingga 12.000 geiser di seluruh taman nasional, dengan lebih dari 500 di antaranya adalah geiser aktif.

Old Faithful

Salah satu geiser paling terkenal di dunia, Old Faithful, terletak di Yellowstone. Geiser ini terkenal karena menampilkan erupsi teratur yang dapat diprediksi hingga setiap 90 menit, memancarkan air panas setinggi sekitar 30 hingga 55 meter.

Kerentanannya Terhadap Letusan Supervulkan

Taman Nasional Yellowstone adalah kawah raksasa dari supervulkan yang masih aktif. Jika meletus, dampaknya akan sangat merusak dan berdampak global. Meskipun letusan ini jarang terjadi, ilmuwan terus memantau aktivitasnya dengan cermat.

Baca Juga  Crumble: Lezatnya Hidangan Klasik dari Dapur Barat

Super Terraces of Mammoth Hot Springs

Mammoth Hot Springs adalah salah satu geiser terkenal di Yellowstone yang menghasilkan teras batu kapur yang menakjubkan yang disebut “super terraces”. Teras ini terbentuk oleh air panas yang kaya mineral.

Biodiversitas

Taman Nasional Yellowstone merupakan rumah bagi lebih dari 60 spesies mamalia, termasuk bison, beruang grizzly, dan serigala abu-abu. Selain itu, taman nasional ini juga memiliki lebih dari 300 spesies burung.

Habitat bagi Berbagai Flora Langka

Taman Nasional Yellowstone juga adalah rumah bagi berbagai flora langka, termasuk bunga hutan pasir, pohon cemara kuno, dan bunga indian paintbrush, yang semuanya menghiasi lanskapnya dengan keindahan alami.

Pusat Penelitian dan Konservasi

Taman Nasional Yellowstone bukan hanya tempat wisata, tetapi juga pusat penelitian dan konservasi yang penting. Para ilmuwan mempelajari ekosistem yang kompleks dan memberikan kontribusi besar terhadap pemahaman tentang alam liar dan cara menjaganya.

Taman Nasional Yellowstone dan geiser merupakan keajaiban alam yang harus dijaga dengan baik dan diapresiasi oleh semua orang. Dengan mengunjungi dan memahami keunikan taman nasional ini, kita dapat lebih memahami pentingnya melestarikan alam dan memastikan bahwa keindahan alam semacam itu dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

 

Editor: Dimas Adi Putra

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life