Home » 2 Raksasa Teknologi Akan Ke Indonesia, Investasi ?

2 Raksasa Teknologi Akan Ke Indonesia, Investasi ?

by fara dama
2 minutes read
apple 1

ESENSI.TV - JAKARTA

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, menyebutkan bahwa dalam waktu dekat ini para bos 2 raksasa teknologi seperti Apple dan Microsoft bakal mengunjungi Indonesia.

Kedatangan Apple ke Indonesia cukup mengejutkan lantaran,  iPhone menjadi satu-satunya yang tidak merakit ponselnya di Indonesia.

Berbeda dengan brand smarpthone lainnya seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo hingga Sharp, telah mendirikan pabriknya di Indonesia.

Budi mengatakan bahwa rencana Apple datang ke Indonesia ialah ingin meresmikan Apple Academy. Untuk pabrik Apple sendiri masih ada kemungkinannya, namun belum dapat dipastikan.

“Kemungkinan semua ada (bangun pabrik Apple), kita lihat approachnya. Lagian pengguna Apple di Indonesia banyak sekali kan. Apple datang meresmikan Apple Academy,” kata Budi.

Sebelumnya, Apple telah berinvestasi di Indonesia pada tahun 2018 dengan menggelontorkan dana USD 44 juta atau sekitar Rp 586 miliar. Investasi ini dilakukan sebagai alternatif persyaratan TKDN agar bisa menjual ponsel 4G di Indonesia.

Dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2017 pasal 36 pasal 2 bagian c yang menyebut investasi senilai di atas Rp 550 miliar – Rp 700 miliar maka akan memperoleh TKDN 30%.

Dana investasi tersebut untuk mendirikan Apple Developer Academy. Saat ini sudah ada tiga lokasi, yakni BSD, Surabaya dan Batam. Ribuan siswa sudah lulus dari program ini dan berkarier di banyak perusahaan.

Baca Juga  Smartwatch: Transformasi Pintar di Pergelangan Tangan Anda

Ingin Bertemu Jokowi

CEO Apple Tim Cook dan CEO Microsoft Satya Nadella, keduanya disebut-sebut ingin bertemu Presiden Jokowi.

“Mereka sudah berkirim surat untuk bisa bertemu dengan pemimpin negara (Jokowi),” ujar Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Kedatangan Apple dan Microsoft tentunya disambut baik oleh pemerintah. Dengan harapan bisa berkolaborasi dan memberi manfaat di dunia digital.

“Kami menyambut gembira kedatangan dua platform raksasa dunia ini, baik Apple maupun Microsoft. Kita berharap kolaborasi yang akan terbangun nanti akan bisa memberikan manfaat yang besar, terutama untuk membangun kapasitas dan kompetensi talent digital kita di sini,” kata Nezar.

Selain mendorong kualitas SDM, Kominfo nantinya bakal mendorong bos Apple dan Microsoft untuk investasi manufaktur.

“Kami mendorong dua-duanya, manufaktur dan SDM. Kalau mereka berminat untuk investasi, sekiranya kita membuka tangan yang lebar dan tentu saja sambil memperkuat kekuatan nasional kita sendiri,” tambah Nezar.

Menkominfo Budi Arie Setiaji beri bocoran kunjungan 2 bos raksasa teknologi,  di Apple dan Microsoft.

“Tapi gini Microsoft ingin hadir di pertengahan April. Terus dari Apple, Tim Cook, mau datang 20 April,” kata Budi.

Editor: Raja Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life