Home » Hadiri Silatnas ke-VII KONSAIN, Wapres Sampaikan 3 Pesan untuk Santri

Hadiri Silatnas ke-VII KONSAIN, Wapres Sampaikan 3 Pesan untuk Santri

by Junita Ariani
1 minutes read
Wapres KH Ma’ruf Amin menghadiri acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) ke-VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (KONSAIN)

Wakil Presiden atau Wapres KH Ma’ruf Amin menyampaikan 3 pesan untuk para santri. Pertama, santri harus menjadi agen perbaikan.

“Itu yang penting buat para santri. Yaitu melakukan perbaikan,” tegas Wapres.

Wapres mengatakan itu dalam smabutannya pada acara Silaturahmi Nasional atau Silatnas ke-VII KONSAIN (Kontak Santri Agribisnis Indonesia).

Acara tersebut digelar di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Gg Arjuna Nomor 59, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimatan Timur, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan Hari Sumpah Pemuda.

Perbaikan tersebut kata wapres, harus dilakukan dalam semua sektor, di antaranya kemasyarakatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial.

Dengan demikian, santri diminta untuk selalu menjaga niatnya dalam melakukan perbaikan. Dan, tidak tergoda pada godaan yang mungkin timbul dalam perjalanannya.

“Kalau santri tidak boleh bergeser nawaitu (niat) nya, adalah perbaikan, bukan kekuasaan,” imbuhnya.

Kedua, lanjut Wapres, santri tidak hanya berperan untuk menjaga diri sendiri maupun lingkungan sekitar saja. Lebih dari itu, santri juga harus menjadi penjaga tanah air.

“Bagi kita, itu menjadi penting menjaga tanah air, menjaga negara. Karena para ulama sudah mengatakan hubbul wathan minal iman. Cinta tanah air bagian daripada iman. Santri sudah mulai berjuang untuk memerdekakan negeri ini sejak abad 19,” jelasnya.

Baca Juga  Dengan Karya dan Budaya, Mari Berdayakan Perempuan Indonesia!

Hari Santri dan Sumpah Pemuda

Terakhir, Wapres juga menegaskan bahwa santri wajib menjadi pemakmur bumi. Dengan berlimpahnya sumber daya yang dimiliki Indonesia, peran memakmurkan bumi menjadi penting. Dengan begitu manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara berkelanjutan.

“Kuncinya untuk bisa kemakmuran adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini (Silatnas KONSAIN) adalah jawaban santri tidak pernah diam. Tapi memakmurkan bumi melalui berbagai kegiatan ini,” pungkas Wapres.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP KONSAIN, M Ali Cholil menyampaikan bahwa Silatnas KONSAIN setiap tahunnya diadakan pada bulan Oktober.

Dengan membawa semangat dua peringatan besar di bulan ini, yaitu Semangat Hari Santri Nasional dan Semangat Sumpah Pemuda.

Ia berharap Silatnas KONSAIN dapat semakin mempererat silaturahmi antaranggotanya dan selalu dapat menghasilkan pemikiran membangun untuk kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan jadi momentum bagi KONSAIN dalam membangkitkan perekonomian dan meningkatkan persaudaraan,” ungkap Ali.*

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life