Home » Hari Penyandang Disabilitas Internasional Diperingati Setiap 3 Desember, Ini Fokus Kampanye Tahun 2023

Hari Penyandang Disabilitas Internasional Diperingati Setiap 3 Desember, Ini Fokus Kampanye Tahun 2023

by Erna Sari Ulina Girsang
2 minutes read
Ilustrasi penyandang disabilitas dalam kehidupan sosial. Foto: Image by Freepik

ESENSI.TV - JAKARTA

Tanggal 3 Desember adalah Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Di setiap peringatan hari besar ini,  WHO bergabung dengan mitra-mitranya di seluruh dunia untuk menyerukan tindakan yang mengikutsertakan para penyandang disabilitas di seluruh dunia untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs)

Data WHO menyebutkan saat ini, lebih dari 1,3 miliar orang mengalami disabilitas yang signifikan, yang mewakili 16% populasi global.

Banyak penyandang disabilitas meninggal lebih awal, mempunyai risiko lebih tinggi terkena berbagai kondisi kesehatan dan mengalami lebih banyak keterbatasan dalam aktivitas sehari-hari dibandingkan masyarakat lainnya.

Adapun fokus kampanye tahun ini adalah memastikan semua penyandang disabilitas mendapatkan hak layanan kesehatan yang sama dengan masyarakat lainnya, tanpa adanya diskriminasi dan kesenjangan.

WHO menyebutkan dampak kesehatan yang lebih buruk ini sebagai ketimpangan kesehatan. Kondisi ini masih sering terjadi dan  sebagian besar tidak dapat dihindari dan didorong oleh faktor-faktor yang tidak adil di dalam dan di luar sektor kesehatan.

Diskriminasi Dalam Masyarakat

Faktor-faktor ini mencakup, misalnya, diskriminasi dalam masyarakat kita, kebijakan yang tidak adil, faktor-faktor yang menentukan kesehatan, kurangnya akses atau kualitas layanan, dan sikap negatif petugas kesehatan dan hambatan lain.

Ketimpangan kesehatan ini merupakan pengingat bahwa penyandang disabilitas sering kali tertinggal. Padahal, untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan yang baik untuk semua (SDG3), dibutuhkan partisipasi dan pemberdayaan yang berarti dari para penyandang disabilitas.

Baca Juga  WHO Evakuasi 31 Bayi Dari Gaza Utara, Sebagian Besar Terpisah Dari Orang Tuanya

“Pencapaian SDGs untuk, dengan, dan oleh penyandang disabilitas kini, lebih dari sebelumnya, berada dalam jangkauan kita, selama kita bersatu,” jelas WHO dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (3/12/2023).

Pada tahun 2019, Sekretaris Jenderal PBB António Guterres meluncurkan Strategi Inklusi Disabilitas (UNDIS) untuk mewujudkan inklusi disabilitas dalam setiap pekerjaan dan fungsi inti seluruh sistem PBB.

UNDIS telah memberi dunia alat untuk memulai transformasi sistemik yang berani, dan mendorong kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi, bersama, dan oleh penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Pencapaian-pencapaian ini merupakan demonstrasi luar biasa mengenai nilai perencanaan sistemis bagi inklusi disabilitas, sebuah alasan untuk merayakannya, dan sebuah sumber aspirasi untuk mewujudkan upaya-upaya ini. Cari tahu lebih lanjut tentang kegiatan WHO dalam implementasi UNDIS.

Adapun pesan kunci WHO di Hari Penyandang Disabilitas Internasional tahun 2023 adalah Pencapaian SDG3 untuk layanan kesehatan dan kesejahteraan bagi, dengan dan oleh penyandang disabilitas. Hal ini memerlukan pemberdayaan dan partisipasi kuat dari penyandang disabilitas dan organisasi yang mewakili mereka.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H. Napitupulu

 

 

 

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life