Home » Ini Deretan Bangunan Gereja Terindah dan Bersejarah di Dunia

Ini Deretan Bangunan Gereja Terindah dan Bersejarah di Dunia

by Erna Sari Ulina Girsang
3 minutes read
Church of the Nativity, Jerusalem. Foto: Go Travelly

ESENSI.TV - JAKARTA

Hari minggu biasanya menjadi hari bagi umat kristen dan katolik untuk melakukan seremonial ibadah di gereja. Selain melakukan ritual keagamaan, bangunan gereja juga menjadi tempat berkumpul bagi umat.

Rumah ibadah dibangun sedemikian rupa agar nyaman dan indah di pandang mata. Berikut sejumlah rumah ibadah yang menarik perhatian dunia karena arsitekturnya yang indah dan unik, seperti dilansir dari Go Travelly.

1. Notre Dame de Paris, Perancis

Notre-Dame-de-Paris. Foto: Go Travelly

Notre-Dame-de-Paris. Foto: Go Travelly

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia selanjutnya adalah Notre Dame de Paris yang berada di Perancis. Gereja ini memang menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota Paris karena memiliki gaya bangunan yang indah dan bersejarah.

Sayangnya, gereja yang selesai dibangun pada tahun 1345 ini mengalami kerusakan serius karena terbakar pada tahun 2019 lalu sehingga harus ditutup selama 5 tahun untuk pemulihan. Meskipun begitu, kamu masih tetap bisa melihat bangunan ala abad pertengahan dari luar dan bisa menjadi latar berfoto yang indah.

 2. St Basil’s Cathedral, Rusia

St Basil’s Cathedral, Rusia. Foto: Go Travelly

St Basil’s Cathedral, Rusia. Foto: Go Travelly

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah St Basil’s Cathedral. Katedral yang berada di kota Moskow, Rusia ini merupakan salah satu gereja paling berwarna-warni yang cukup populer di dunia.

St Basil’s Cathedral ini memiliki eksterior yang menyerupai api unggun, sementara di bagian dalamnya juga sangat indah karena kamu bisa melihat mural dan ikon yang indah di dalam gereja ini.

3. Kölner Dom, Jerman

Kölner Dom, Jerman. Foto: Go Travelly

Kölner Dom, Jerman. Foto: Go Travelly

Kölner Dom merupakan sebuah gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang berlokasi di kota Cologne, Jerman. Gereja ini merupakan simbol kota Cologne dan masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia.

Kölner Dom sendiri menjadi gereja tertinggi kedua di Eropa dengan menara yang tinggi menjulang. Gereja ini memiliki pintu masuk utama yang sangat elegan dan menjadi kebanggan kota Cologne. Saat memasuki gereja ini, kamu bisa melihat langsung tinggi dan luasnya langit-langit gereja yang membuatmu merasa sangat kecil saat masuk kesana.

4. Chapel of the Holy Cross, Amerika Serikat

Chapel of the Holy Cross, Amerika Serikat. Foto: Go Travelly

Chapel of the Holy Cross, Amerika Serikat. Foto: Go Travelly

Amerika Serikat ternyata juga memiliki salah satu gereja arsitektur terindah di dunia yang bisa membuat siapapun terkagum, yaitu Chapel of the Holy Cross. Gereja ini berada di kawasan Arizona dan menyembil keluar dari sisi tebing batu merah di gurun Arizona.

Baca Juga  Momen Jokowi Wisata ke Candi Prambanan bareng Cucunya, Jan Ethes dan La Lembah

Gereja modern ini dibuat oleh Marguerite Brunswig Staude dan selesai di tahun 1957. Chapel of the Holy Cross ini memiliki fitur yang paling menonjol, yaitu salib setinggi 27 meter yang ada di depan kaca berwarna di ujung barat daya. Sementara itu, eksteriornya kontras dengan lanskap berbatu dan interioenya terasa idah karena berada di antara bebatuan dan pasir.

5. Cathedral of Brasilia, Brazil

St-Peters-Basilica. Foto: Go Travelly

St-Peters-Basilica. Foto: Go Travelly

Tak hanya di Eropa, kamu juga bisa menemukan gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang dibangun di kawasan Amerika Selatan, yaitu Cathedral of Brasilia. Katedral ini dirancang oleh Oscar Niemeyer dan baru selesai di tahun 1970 sehingga menjadi katedral dengan lambang arsitektur modern.

Terdapat 16 kolom beton menekuk ke tengah katedral yang meninggalkan ruang untuk atap kaca yang dihiasi dengan pola kaca patri. Interior dari gereja ini dibanjiri dengan cahaya berkat kaca-kaca yang ada disana. Saat memasuki gereja ini pertama kali, kamu akan merasakan sensasi berada di terowongan gelap. Bahkan, ada tiga patung malaikat yang digantung diatas sehingga membuatnya semakin unik dan tidak akan kamu temukan di katedral lainnya.

6. Westminster Abbey, Inggris

Westminster Abbey, Inggris. Foto: Foto: Go Travelly

Westminster Abbey, Inggris. Foto: Foto: Go Travelly

Westminster Abbey ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Gereja yang memiliki hubungan erat dengan keluarga Kerajaan Inggris ini memang cukup terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat berkunjung ke kota London.

Gereja indah ini telah ada selama berabad-abad lalu dan juga menjadi tempat pernobatan Raja Inggris. Westminster Abbey ini dibangun pada tahun 1065 dan memiliki gaya bangunan Gothic yang kental. Gereja ini juga memiliki makam yang menjadi tempat peristirahatan terakhir para raja dan ratu Inggris sejak berabad-abad lalu.

7. Church of the Nativity, Jerusalem

Church of the Nativity, Jerusalem. Foto: Go Travelly

Church of the Nativity, Jerusalem. Foto: Go Travelly

Bangunan gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang terakhir adalah Church of the Nativity. Gereja yang berada di Betlehem, Jerusalem ini merupakan rumah bagi Gereja Kelahiran dna menjadi salah satu gereja tertua di dunia.

dibangun pada tahun 326 oleh Constantine Agung di sebuah gua yang sebagai tempat kelahiran Yesus. Gereja ini sempat dilahap api kamudian dibangun kembali pada abad ke-6. Church of the Nativity ini menampilkan kolom batu kapur merah dan bagian mosaik yang ada pada dindingnya.

Nah, itulah daftar 21 gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang bisa untuk kamu kunjungi saat liburan Natal. Tak hanya menjadi tempat ibadah, gereja juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sangat menyejukkan hati.*

Email: ernasariulinagirsang@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

#beritaviral
#beritaterkini

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life