Home » Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam

Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam

by Junita Ariani
1 minutes read
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Selasa (9/1/2024) siang. 

ESENSI.TV - JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan rangkaian kunjungan kerja ke tiga negara, yaitu Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Presiden Jokowi dan rombongan terbatas berangkat melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Selasa (9/1/2024).

Kepala Negara menjelaskan, kunjungan kerja ke Filipina dilakukan dalam rangka peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Filipina.

Menurutnya, Filipina merupakan mitra penting perdagangan Indonesia karena banyak produk alutsista Indonesia yang dibeli Filipina. Dan, Indonesia juga berinvestasi di Filipina cukup siginifikan.

Kemudian Vietnam merupakan salah satu mitra strategis perdagangan Indonesia yang pencapaian target perdagangannya juga semakin tahun semakin baik.

“Sehingga kita ingin membicarakan target pencapaian untuk perdagangan yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Terkait kunjungan kerja ke Brunei Darussalam, Presiden Jokowi akan bertemu dengan para pengusaha Brunei. Selain itu juga akan menghadiri undangan pernikahan Putra Mahkota Brunei Darussalam Pangeran Mayor ‘Abdul Mateen.

Baca Juga  Dilanda Suhu Panas, Jokowi Minta Kontingen Jambore Indonesia Kembali ke Tanah Air

“Memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen. Sehingga ini juga kunjungan khusus ke Brunei Darussalam, selain juga ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar berinvestasi di Indonesia,” jelasnya.

Presiden Jokowi dan rombongan terbatas diagendakan akan kembali ke tanah air pada tanggal 14 Jaunari 2024.

“Saya dan rombongan terbatas akan kembali ke Indonesia tanggal 14 Januari 2024,” pungkasnya.

Turut melepas keberangkatan Presiden, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo. *

#beritaviral
#beritaterkini

Email : junitaariani@esensi.tv
Editor: Erna Sari Ulina Girsang/Raja H Napitupulu

You may also like

Copyright © 2022 Esensi News. All Rights Reserved

The Essence of Life